Gusti Moeng Bertemu PB XIII Hari Ini Bertiga dan Memohon Maaf Kepada Sinuhun PB XIII

Rabu, 04 Januari 2023 : 04:33



Pertemuan LDA Gusti Moeng dengan PB XIII

Radar Pos.Com.Solo
--- Ketua LDA Keraton Kasunanan Solo, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Moeng, akhirnya bertemu dengan Paku Buwono (PB) XIII. Pertemuan adik kakak itu terakhir terjadi 10 tahun lalu.

Gusti Moeng menuturkan, selama ini dirinya tidak bisa bertemu dengan PB XIII karena ada pihak-pihak yang menghalangi. Dan setelah 10 tahun berlalu, dia sudah bisa bertemu dengan sang kakak dan dia pun tidak mau mempersoalkan itu.

"Saya bicara gini terakhir 2012, rekonsialisasi itu saya sudah tidak pernah bicara dengan Sinuhun. Baru 2017 kita tidak boleh masuk, lalu baru ini," kata Gusti Moeng saat ditemui di Keraton Kasunanan Solo, Selasa (3/1/2023).

Pertemuan tersebut berlangsung dari pukul 15.30 WIB, dan berlangsung sekira 1 jam di Sasono Narendra. Dalam pertemuan itu, hanya ada PB XIII dan Ratu, Gusti Moeng, dan kerabat keraton KRAy Herniatie Sriana Munasari.

"Kita sungkem, nyuwun ngapunten (minta maaf)dan kita masuk lagi hanya akan kembali bekerja. Jika saya salah, nyuwun ngapunten (minta maaf). Semua ini harus kita sudahi.

Yang paling utama, kita harus menjalankan pesennya PB XII, kita sama-sama menjaga Keraton, agar keraton bisa lestari hingga akhir zaman," ujarnya.

Gusti Moeng mengatakan, kondisi PB XIII sudah sulit untuk berbicara dan berdiri. Setiap kali Gusti Moeng berbicara, PB XIII hanya menganggukan kepala.

Dia menuturkan, pertemuan itu berlangsung haru. Bahkan, Sinuhun sempat meneteskan air mata atau menangis.

"Sinuhun (PB XIII) nangis, saya elus-elus saja. 'Mpun mas mboten muwun, mboten sah menggalih ke saya jelek (sudah mas, jangan menangis, jangan berpikir jelek ke saya). Saya nggak mungkin akan apa-apa ke Kangmas. Kangmas kan yang menyengkuyung (mendukung) kita semua'," ujarnya.

Poto Gusti Moeng LDA

Sementara itu, dari kubu PB XIII juga membenarkan bahwa Gusti Moeng telah bertemu dengan PB XIII. Hal itu dikatakan oleh Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Solo, KP Dani Nur Adiningrat.

"Ini bukan pertemuan, tapi Goesti Moeng itu sowan kepada sinuhun. Sudah selayaknya seorang sentono atau adiknya itu sowan ketemu raja. Sore ini memang Gusti Moeng sowan, diantar Kanjeng Wiro dan beberapa. Tapi yang masuk ke Sasono Narendro cuma Sinuhun, Ratu dan Gusti Moeng.

Diketahui, konflik di tubuh Keraton Kasunanan Solo terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Konflik semakin meruncing saat terjadi beberapa insiden pada Desember kemarin. Insiden itu berujung ke sejumlah aduan ke polisi.


(Team)
 

Bagikan

RadarposTV