Pembukaan Pospenas IX di Solo,20 Ribu Padati Stadion Manahan

Kamis, 24 November 2022 : 05:39

 



Pembukaan Pospenas Di Stadion Manahan Solo

Radar Pos.Com.Solo
---Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak para atlet, santri, dan warga Solo, yang mengikuti pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar-Pondok Pesantren Tingkat Nasional atau Pospenas IX di Stadion Manahan, Rabu (23/11/2022) malam, berdoa untuk korban bencana gempa Cianjur, Jabar.

sekitar 20.00 WIB, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng Sumarno tiba di tribune VVIP Stadion Manahan.


Parade atlet dibuka setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta doa. Tarian Badui membuka parade atlet dan marching band. Sejumlah lagu yang dibawakan marching band antara lain Bengawan Solo dan Yalal-waton.

Marching band mengiringi defile atlet, lalu pembawa acara memperkenalkan setiap kontingen yang melakukan defile. Sejumlah kontingen Pospenas IX memakai pakaian khas maupun budaya masing-masing daerah pada pembukaan di Stadion Manahan Solo malam itu.


DKI Jakarta misalnya, membawa ondel-ondel sementara Jambi membawa Kurung Tanggung. Para penonton yang merupakan santri serta murid satuan pendidikan di bawah Kemenag bersorak serta melambaikan tangan melihat setiap barisan para atlet.

Sejumlah atlet berjalan dengan melambaikan tangan. Sorakan semakin menjadi ketika tuan rumah, kontingen Jateng mulai berjalan di barisan paling akhir pukul 20.50 WIB.
 

Yaqut mengatakan bersyukur Stadion Manahan tampak penuh oleh atlet, santri, dan warga Kota Solo yang semuanya tampak bergembira mengikuti pembukaan Pospenas IX. Namun ada Cianjur sedang mengalami musibah gempa bumi.

“Mari semua menyampaikan doa untuk saudara kita di Cianjur supaya yang wafat khusnul kotimah, yang mengalami luka kita doakan lekas mendapatkan lekas mendapatkan kesembuhan, dan saudara yang lain tetap diberikan kekuatan,” katanya sebelum menyampaikan sambutan.


Upacara pembukaan Pospenas IX itu berlangsung meriah dengan sekitar 20.000 santri yang memenuhi kursi-kursi tribune. Qosidah Qasima menghibur para santri yang sudah duduk di tribune penonton.

Sebelumnya, grup musik Kotak menghibur para penonton sekitar pukul 16.30 WIB dengan membawakan tujuh lagu. Tujuh lagu itu yakni Hantam, Tinggalkan Saja, Masih Cinta, Haters, Pelan-pelan Saja, Tendangan dari Langit, dan Beraksi.

Posponas di Solo akan diikuti sebanyak 2.867 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Selain itu ada 12 cabang kompetisi yang diikuti peserta perempuan dan laki-laki.

Ada sepak bola, tenis meja, tolak peluru, lomba lari tunggal dan estafet, serta atletik. Sedangkan cabang seni ada kaligrafi, stand up comedy, lomba film pendek, hadrah, lomba pidato bahasa Inggris, Indonesia, dan Arab.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV