Masjid Sheikh Zayed Solo: Tampung 10 Ribu Orang akan Diresmikan Hari ini

Senin, 14 November 2022 : 04:59



Masjid Sheikh Zayet Al Nahyan di Gilingan Solo akan Diresmikan Presiden Jokowi Hari ini

Radar Pos.Com.Solo-
- - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al-Nahyan bakal meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo besok. Masjid Raya di Solo ini bisa menampung hingga 10 ribu orang dan memiliki corak arsitektur Islam modern.

Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan ini merupakan hadiah Pangeran UEA Mohamed bin Zayed untuk Presiden Jokowi di Solo. Peresmian masjid ini maju menjadi 14 November dari rencana semula 17 November.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Jokowi bakal langsung terbang ke Solo usai kunjungan kerja dari Kamboja.

"Peresmian tanggal 14 November 2022, tanggal 14 pagi. Pulang dari Kamboja langsung, sebelum ke G20 di Bali, ternyata lebih enak begitu, esuk-esuk (pagi-pagi) jam 7," ujar Gibran, Minggu (13/11/2022).


Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa sebelumnya mengatakan masjid ini mampu menampung 10 ribu orang. Masjid ini berdiri di lahan seluas 3,6 hektare.

"Kalau normal bisa sampai 10 ribu (orang) sampai selasar luar, kalau (bangunan) inti 4 ribu (orang), lantai atas dan bawah," kata Teguh saat meninjau Masjid Sheikh Zayed, Rabu (18/10).

Masjid hadiah Pangeran UEA ini dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar. Selain untuk salat, masjid bernuansa putih dan emas ini bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi.

Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Jalan A Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi. di dalamnya terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri.

Arsitektur yang diusung dalam bangunannya dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid Sheikh Zayed di Solo juga dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Adapun kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah. Arsitektur Islam modern ini menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia.


KH Abdul Rozaq Shofawi Jadi Imam Besar Masjid Sheikh Zayed
Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo itu diasuh Imam Besar KH Abdul Rozaq Shofawi. KH Abdul Rozaq merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Solo.

Adapun wakil KH Abdul Rozaq sebagai Imam Besar Masjid Sheikh Zayed ini, adalah pengasuh Ponpes Al-Quraniy Azzayadiy, KH Abdul Karim Ahmad Al Hafidz atau akrab dipanggil Gus Karim. Gus Karim juga dikenal sebagai salah satu guru ngaji Jokowi saat belajar tafsir Al-Qur'an dan fiqih.

"Imam besar itu sekaligus ketua pengurus harian, itu imam besar. Kemudian dibantu oleh Wakil yaitu KH Abdul Karim tadi. Jadi ada satu wakil Abdul Karim dan Imam besar ada Abdul Rozaq," kata Kepala Bagian Perencanaan Keuangan Hukum dan Kerjasama Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Bagus Sigit di Hotel Swissbell Solo.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV