Putusan MA, Foksri Dukung Pemkot Solo Kelola Lahan Sriwedari

Rabu, 12 Oktober 2022 : 06:44


Sriwedari Masa Lalu.

Radar Pos.Com.Solo-
--- Pembina Forum Komunikasi Sriwedari (Foksri) Solo, BRM. Dr. Kusumo Putro, SH.MH  menyambut gembira keputusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan kasasi yang diajukan Pemkot Solo atas lahan Sriwedari.yang selama ini terkesan kumuh.

Dirinya bahkan menyarankan kepada Pemkot Solo tidak ragu untuk melanjutkan revitalisasi lahan Sriwedari. yang berada di Tengah Kota terebut.

Kusumo melihat melalui perspektif hukum, dengan putusan MA justru memperkuat secara hukum Pemerintah Kota Solo untuk melakukan revitalisasi.

"Selama pemerintah kota memegang Hak Pakai (HP), ada aturannya. Disitu diterangkan wajib revitalisasi kalau tidak maka melanggar," paparnya saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Solo, Selasa (11/10/2022).Karena menurutnya hal tersebut akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat Solo.

Terlebih ada 3 ribu-an orang yang mencari rezeki di sekitaran kawasan Sriwedari mulai dari kios jual beli buku bekas, pembuatan pigura, hingga seniman Wayang Orang.

"Saya yakin revitalisasi dan pembangunan nantinya akan membangkitkan sektor perekonomian dan UMKM,” kata Kusumo Di sisi lain, ia juga melihat Sriwedari sebagai ikon budaya Kota Solo sehingga tidak ingin roh budayanya hilang.

Sebagai  informasi, MA menerbitkan surat putusan No. 2085 K/Pdt/2022 terkait sengketa lahan Sriwedari. Dalam putusan itu, MA mengabulkan permohonan kasasi dari Pemerintah Kota Surakarta cq Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka

(R-01)

Bagikan

RadarposTV