Naik BST Masih Gratis hingga Akhir Tahun 2022

Senin, 31 Oktober 2022 : 08:40



BST Masih Gratis untuk Pelajar dan umum

Radar Pos.Com.Solo
--- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memastikan layanan Batik Solo Trans (BST) masih gratis. Layanan gratis ini berlaku untuk semua penumpang, baik pelajar, masyarakat umum maupun disabilitas.

Kebijakan ini akan berlaku hingga akhir tahun ini , meskipun per 31 Oktober pemerintah telah menetapkan tarif untuk layanan buy the service (BTS).


"Dari kebijakan pemerintah pusat kan untuk masyarakat umum sudah mulai berbayar per 31 Oktober, tapi dari kebijakan Pak Wali Kota biaya ditanggung oleh pemerintah hingga akhir tahun, sehingga layanan BST masih gratis," kata Kepala Dishub Solo, Taufiq Muhammadi, Minggu (30/10/2022).

Dirinya meminta masyarakat untuk tidak khawatir, karena saat ini penumpang belum diminta untuk membayar.

Namun, Taufiq mengungkapkan mulai besok masyarakat umum sudah menggunakan e-money untuk tap saat masuk ke BST.


"Mulai besok wajib menggunakan e-Money untuk apa? untuk mengetahui jumlah masyarakat umum yang akan dibayarkan oleh Pemkot Solo," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih berkeinginan layanan Teman Bus Batik Solo Trans (BST) tetap gratis untuk semua kalangan. Hal tersebut menyusul adanya rencana berbayar mulai 31 Oktober 2022 untuk layanan BTS sebesar Rp 3.700.

Ia mengaku akan melakukan upaya agar BST maupun feeder tetap gratis hingga akhir tahun. Untuk itu, Pemkot Solo menggelontorkan anggaran dari APBD untuk tarif BST ditanggung pemerintah daerah.

"Seng dua bulan ini nanti kita masukkan BTT (Bantuan Tak terduga), kita pengen dua bulan ini tetap gratis sek," kata Gibran.
 

Anggaran yang digelontorkan untuk dua bulan yakni sekitar Rp 3,5 miliar. Yang nantinya bisa diambilkan dari BTT maupun dari Dana Transfer Umum (DTU) untuk penanganan transportasi.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV