Kapolda Jatim Irjen Nico Arfianto Di Ganti Irjen Teddy

Selasa, 11 Oktober 2022 : 05:12



Irjen TeddyMinahasa Putra Kapolda jatim yang baru

Radar Pos.Com.Surabaya
--- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi Irjen Teddy Minahasa Putra menjadi Kapolda Jawa Timur (Jatim) menggantikan Irjen Nico Afinta. Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2134/X/KEP/2022.

"Ya, betul tour of duty dan tour area," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi mengenai surat telegram tersebut, Senin (10/10/2022).

Irjen Teddy sebelumnya menjabat Kapolda Sumatra Barat (Sumbar). Irjen Nico Afinta dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri.


Kapolda Sumbar bakal diisi oleh Irjen Rusdi Hartono. Kemudian, Brigjen Asep Edi Suheri juga dimutasi menjadi Wakabareskrim Polri.



Sejumlah Aremania menuntut Kapolri mencopot Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta. Mereka menyebut Nico merupakan salah satu pimpinan polisi yang juga bertanggung jawab dalam Tragedi Kanjuruhan.

"Saya berharap Kapolri mencopot dan mengadili Kapolda Jatim. Kalau dicopot saja dia masih (bisa) kembali berdinas. Karena nyawa yang hilang tidak bisa kembali," kata salah satu Aremania, Vigo Vernando, Selasa (4/10/2022).

Senada dengan Vigo, Aremania lainnya Dadang Indarto turut mengapresiasi pencopotan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat. Namun, hal itu belum cukup, karena menurutnya Kapolda juga harus turut dicopot karena merupakan pimpinan polisi tertinggi di Jatim.


Tak hanya mencopot, Dadang juga mendesak Kapolda Jatim diperiksa dan disanksi oleh Propam. Sebab jika dicopot semata, dia masih bisa menjabat lagi di jabatan dan tempat yang berbeda.

"Alhamdulillah (Kapolres) sudah dicopot. Tapi harapan kami pimpinan harus bertanggungjawab. Harapan kami dan doa kami, Kapolda yang diperiksa Propam Polri segera ada kejelasan dan dicopot, diberi sanksi," ujar Dadang.

Tidak hanya Aremania, sejumlah mahasiswa di Jawa Timur menggelar aksi unjuk rasa meminta Kapolda Jatim dicopot. Baik di Surabaya hingga di Banyuwangi. Mahasiswa menuntut Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta terkait tragedi Kanjuruhan.


(Team)

Bagikan

RadarposTV