Hari Guru Sedunia 2022, Dengan Tema “The Tranformasion Of Education Begins With Theacher

Rabu, 05 Oktober 2022 : 07:10



Hari Guru Dunia

Radar Pos.Com.Solo
--- Setiap 5 Oktober masyarakat di seluruh dunia memperingati World Teachers Day atau Hari Guru Sedunia. Di Indonesia, peringatan ini kurang begitu populer karena masyarakat lebih mengenal Hari Guru Nasional maupun Hari Pendidikan Nasional.

Hari Guru Sedunia diresmikan oleh UNESCO sebagai Hari Guru Sedunia untuk memperingati penandatanganan rekomendasi mengenai status guru di tahun 1966.

Rekomendasi tersebut memberikan guru di seluruh dunia sebuah instrumen yang mendefinisikan tanggung jawab dan menegaskan hak-hak mereka.

Hari Guru Sedunia ini bertujuan untuk memusatkan perhatian atas kontribusi dan prestasi guru, juga untuk menyoroti keprihatinan serta prioritas guru dalam hal pendidikan.


Meski rekomendasi itu sudah diterbitkan ada 1966, namun UNESCO baru menetapkan 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia pada 1994.

Hal ini berbeda dengan Hari Guru Nasional yang selalu diperingati pada 25 November. Peringatan ini dilatarbelakangi oleh berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia yang menjadi wadah organisasi para guru.

Tema Hari Guru Sedunia 2022
Hari Guru Sedunia 2022 ini mengambil tema 'The transformation of education begins with teachers' atau 'Transformasi pendidikan dimulai dari guru.'

Makna Hari Guru Sedunia 2022 tidak sekadar merayakan peran guru sebagai sosok yang memiliki peran dalam perkembangan pendidikan, tetapi juga sebagai dukungan kepada guru-guru supaya semakin semangat dalam memberikan ilmunya di seluruh dunia.

Dalam peringatan Hari Guru Sedunia 2022 ini UNESCO juga akan menggelar serangkaian kegiatan untuk menunjukkan bagaimana menjamin kondisi kerja yang layak bagi guru, akses ke peluang pengembangan profesional, dan status profesional yang diakui


(R-01)

Bagikan

RadarposTV