Desa Wisata dan BUM Desa Melestarikan Alam Dengan Baik maka akan Punya Daya Tarik

Kamis, 20 Oktober 2022 : 04:19


 

Gus Halim saat di Pacitan Jawa Timur

Radar Pos.Com.Pacitan
--- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menedes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan kembali keberadaan desa wisata dan BUM Desa harus menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim mencontohkan Desa Wisata Watulakar di Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang sejak pembangunan hingga pengelolaan hingga barang-barang yang dijual adalah dari warga desa sekitar.

“Suatu kebanggaan dari kita dan kita mengajak kepada semuanya untuk mengikuti apa yang sudah dilakukan di Kabupaten Pacitan,” kata Gus Halim saat meresmikan Desa Wisata Watulakar di Pacitan, Minggu (16/10/2022).


Ia  juga mengingatkan tentang prinsip membangun desa wisata yaitu harus bertujuan melestarikan alam atau menata alam. Dengan menata alam secara baik maka alam sendirinya akan indah dan ramai dikunjungi wisatawan.


Gus Halim juga mengapresiasi Pemerintah Desa Sumberharjo yang berhasil mengelola sumber mata air, merawat dan menambah pohon-pohon yang membuat airnya semakin jernih, kemudian aliran airnya ditampung dibuat kolam renang sebelum dialirkan ke sungai sebagaimana mestinya.


“Artinya, ini memanfaatkan alam. Nah kemudian tempatnya menjadi indah, terus dibuka lapak dan seterusnya. Warga masyarakat datang ke sini,” imbuh Gus Halim.


Sebagai informasi Watulakar adalah desa wisata yang dikembangkan oleh Desa Sumberharjo sebagai situs bersejarah dan wisata religi 


(R-01)

Bagikan

RadarposTV