Siswa SMK di Jember Bikin Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji

Sabtu, 17 September 2022 : 03:43




Motor berbahan bakar Gas

Radar Pos.Com.Jember
---Terobosan baru sebagai Alternatif  Di tengah ancaman inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), siswa SMK Teknologi Balung, Jember, Jatim menciptakan sepeda motor berbahan bakar gas elpiji. Tepatnya memanfaatkan tabung elpiji melon 3 Kg.

Bentuk sepeda motor yang dibuat oleh siswa kelas X dan XII di SMK Teknologi Balung itu terbilang unik. Motor yang tetap menggunakan mesin yang sama dengan sepeda motor BBM itu memakai 3 roda.


Tabung gas elpiji sebagai pengganti BBM sebagai bahan bakar diletakkan tepat di belakang pengemudi motor. Jika bahan bakar atau elpiji itu habis, tinggal diganti dengan tabung gas elpiji 3 Kg yang sudah terisi.


"Untuk motor berbahan gas dari elpiji kami mengubah lubang tempat masuknya BBM untuk ditutup sama pilot jet. Kemudian diberi selang dan dipasang klem (pengaman) untuk bisa menggunakan gas dari elpiji," kata salah seorang siswa Deni Setiawan, Jumat (16/9/2022).

Deni menjelaskan pengubahan motor dengan bahan bakar gas elpiji kemasan tabung 3 kg itu memang tidak mudah. Dirinya dan siswa lain perlu menyesuaikan kebutuhan gas untuk menghidupkan mesin motor.


"Kami mengatur kebutuhan gas agar bisa menggerakkan motor dari regulator gas. Jadi bisa menyesuaikan banyaknya gas untuk masuk ke karburator mesin motor," ujar siswa kelas XI Jurusan TSM (Teknik Sepeda Motor) SMK Teknlogi Balung itu.

Cara kerjanya pun, kata Deni, hampir sama dengan sepeda motor dengan bahan bakar bensin. Hanya saja, untuk menyesuaikan gas yang dibutuhkan maka mesin motor berbahan bakar bensin yang digunakan perlu sedikit dimodifikasi. Tapi cara kerjanya tetap sama.

"Langsung dihidupkan mesinnya. Tapi untuk gas ini tidak bisa terlalu banyak, karena kalau terlalu banyak gas, mesin motornya malah tidak bisa hidup. Maka dari itu perlu diatur dari regulator gas, berapa banyak gas elpiji yang dibutuhkan untuk menghidupkan atau menggerakkan mesin motor," ujarnya
(R-01)

Bagikan

RadarposTV