Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno Berikan Alat Produksi ke Pengrajin Kendang

Kamis, 01 September 2022 : 05:08



Pengrajin Kendang saat di Datangi Menteri Sandiaga salahudin Uno

Radar Pos.Com.Gunungkidul
--- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi rumah Tekad (70), seorang pengrajin kendang di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pria yang akrab disapa Mbah Tekad itu merupakan perajin kendang satu-satunya di Desa Tapus.

Menerima kedatangan Sandiaga ke rumahnya, pria yang sudah menekuni kesenian membuat kendang sejak 1985 itu tak kuasa menahan tangis ketika mendapatkan bantuan peralatan produksi dan stok kendang dari Sandiaga.

"Saya berterima kasih banyak kepada Bapak Sandiaga yang telah membantu melancarkan usahanya. Karena selama ini saya kesulitan untuk membuat gendang," ujar Tekad dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Sandiaga mengungkapkan kendang merupakan kesenian karawitan yang menjadi bagian dari budaya leluhur bangsa Indonesia.

"Kesenian karawitan ini merupakan budaya leluhur bangsa kita. Dan kendang ini bagian yang tidak terpisahkan dari seni karawitan. Peningkatan kunjungan ke desa wisata, karawitan ini menjadi seni budaya yang sangat diharapkan jadi atraksi bagi para wisatawan," ungkapnya.

Kepada Sandiaga, Tekad pun menceritakan keluh kesah yang ia alami sebagai pengrajin kendang. Salah satunya yakni alat produksi yang kurang mendukung. Ia mengungkapkan alat pahatnya sering kali patah karena tidak memiliki kualitas bagus untuk memahat batang kayu nangka yang keras dan kuat.

Selain itu, Tekad juga kerap kesulitan dalam memasarkan kendangnya. Sandiaga menjelaskan selama ini Tekad hanya mengandalkan penjualan dari komunitas karawitan dan lingkungan tempat tinggalnya saja. Kondisi itu membuat kendang yang dibuat Tekad tidak terjual meski telah diproduksi dua tahun sebelumnya.

"Saya mendapat video bahwa Mbah Tekad ini produksinya baru satu hingga dua tahun laku (kendang). Ini sangat berat bagi ekonomi Mbah Tekad, dan sangat berat bagi kesejahteraan dari keluarga Mbah Tekad," tuturnya.

"Oleh karena itu kita membantu alat-alat produksi dan juga saya memberikan bantuan promosi melalui media sosial. Saya juga membeli beberapa stok (kendang) yang ada di rumah Mbah Tekad ini," lanjut Sandiaga.

Sandiaga berharap bantuan yang diberikan bisa membuat usaha pembuatan kendang yang digeluti Tekad meningkat.

"Saya juga ingin pesan (kendang) yang kecil-kecil 10 untuk souvenir mungkin bisa jadi hadiah kalau ada tamu dari luar negeri datang," ucapnya.

"Mudah-mudahan ekonominya Mbah Tekad serta keluarga makin baik, penghasilannya semakin meningkat, dan sejahtera," pungkas Sandiaga.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV