Kabupaten Sragen Pilkades Serentak 2022 di Gelar 25 Oktober 2022

Sabtu, 17 September 2022 : 04:37

 

Pilkads Serentak Kabupaten Sragen 25 Oktober

Radar Pos.Com.Sragen-
--Pesta demokrasi tingkat desa segera digelar ada Sebanyak 48 calon kepala desa (cakades) bakal bertarung dalam pemilihan kepala desa (pilkades) di 19 desa di 15 kecamatan di Kabupaten Sragen pada 25 Oktober 2022.


 Mulai pertengahan September ini, tahapan Pilkades 2022 memasuki penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) hingga menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

Kabid Penataan dan Pembinaan Administrasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Sragen, Supriyadi, mengatakan penetapan cakades sudah dilakukan. Kecuali, untuk Desa Banyurip ada mekanisme tambahan berupa tes.

Berdasarkan data yang disampaikan Supriyadi, mayoritas desa memiliki dua cakades, seperti di Desa Keden (Kecamatan Kalijambe), Sumberejo (Mondokan), Dawung (Jenar), dan Denanyar (Tangen). Kemudian Karangpelem (Kedawung), Gedongan (Plupuh), Sidokerto (Plupuh), Pilang (Masaran), Purwosuman (Sidoharjo), Jambanan (Sidoharjo), Plosorejo (Gondang), dan Plumbon (Sambungmacan).

“Tapi juga ada tiga orang cakades sampai lima orang cakades dalam satu desa. Dari 19 desa itu, hanya Desa Banyurip di Sambungmacan yang cakadesnya paling banyak, yakni sebanyak lima orang. Kemudian Desa Gabugan di Tanon dengan empat cakades,” jelas Supriyadi.

Dia menyampaikan tahapan sekarang masuk proses penyusunan DPS menuju DPT. Dia mengatakan teknis pendataan pemilih tersebut diserahkan kepada panitia pilkades setempat.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV