Henggar Apresiasi Edukasi Sikat Gigi pada Anak

Jumat, 16 September 2022 : 06:09



Pj Bupati Pati

Radar Pos.com.Pati
--- Ratusan pelajar di Sekolah Islam Al-Azhar Pati menyikat gigi secara serentak, Senin 12 September 2022. Kegiatan sikat gigi bersama ini digelar di lapangan SD Islam Al-Azhar 48 Pati.

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro turut hadir dalam kegiatan yang terselenggara atas kolaborasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Pati bersama Klinik Gigi Nadira ini.

Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Aviani Tritanti Venusia.

Acara bertema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia” ini dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022.

Para dokter gigi yang tergabung dalam PDGI terlebih dahulu memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mereka juga mengajarkan cara menyikat gigi yang benar.

“PDGI memberikan edukasi pada siswa-siswi al-Azhar tentang cara bersikat gigi yang benar. Banyak yang datang mendampingi. Ada 26 yang datang dari total 70-an anggota PDGI Pati,” ujar Henggar Budi Anggoro ketika diwawancarai.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, anak-anak bisa termotivasi untuk merawat gigi dengan baik serta mengetahui cara yang baik dan benar dalam menggosok gigi.

“Karena anak-anak kecil biasanya susah diajak gosok gigi, kadang sampai giginya berlubang. Maka melalui kegiatan ini mudah-mudahan mereka jadi rajin sikat gigi,” kata dia.

Pentingnya Kesehatan Gigi

Pembina Yayasan Nadira Ummul Yatama dan Founder Klinik Gigi Nadira, Dyah Perwitasari, mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak.

Dyah menjelaskan, kegiatan semacam ini digelar serentak oleh PDGI di seluruh Kabupaten/Kota bersama Kementerian Kesehatan untuk memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Kegiatan sikat gigi massal secara serentak ini dipusatkan di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

“Disiarkan lewat zoom, PDGI seluruh kabupaten/kota ikut live. Seluruh kepala daerah turun. Sasarannya murid SD,” ucap dia.

Ia menambahkan, di Sekolah Islam Al-Azhar Pati sendiri, ada sekira 250 siswa SD yang mengikuti sikat gigi bersama ini.

“Peluang ini kami ambil duluan karena Pati ini sangat luas wilayahnya, butuh support pihak swasta supaya kegiatan ini ada gaungnya. Kami ingin jadi inisiator kesadaran sikat gigi dan kepedulian pentingnya memeriksakan gigi,” kata Dyah.

Selain menyikat gigi bersama, pagi tadi para dokter gigi PDGI juga sudah memeriksa gigi anak-anak. Hasil pemeriksaan diberikan pada para orang tua siswa supaya mereka tahu kondisi gigi anaknya.

“Supaya orang tua tahu misal anaknya ada gigi berlubang atau perlu dicabut, bisa segera diperiksakan,” tandas dia.

Ketua PDGI Pati, Diah Handayani, juga menegaskan bahwa peringatan HKGN 2022 ini bertujuan meningkatkan pengetahuan anak-anak sejak usia dini, sejak usia sekolah, tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Siswa adakan Gerakan Sikat Gigi

Tak kalah penting, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia juga mengingatkan pentingnya melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin.

“Yang kerap dilupakan adalah pemeriksaan gigi secara teratur meski tidak sakit gigi, setidaknya tiap enam bulan sekali. Ini belum tersosialisasikan dengan baik dan belum jadi kebiasaan. Maka kegiatan hari ini penting untuk menyosialisasikan itu,” tandas dia.

 (Kun w)

Bagikan

RadarposTV