Peringati Usianya yang Ke -V Musium Keris Adakan Kirab

Selasa, 09 Agustus 2022 : 07:57


kirab peringatan Musium Keris ke V

Radar Pos.Com.Solo-
-- Kirab Kyai Tengara berlangusung Minggu pagi ,7 Agustus 2022 Wakil Ketua DPRD Surakarta Sugeng Riyanto selaku cucuk lampah Kirab Kyai Tengara, keris pemberian Presiden Jokowi kepada Museum Keris Nusantara.

Bersama dengan mas Lutfi kepala Museum dan pak Sukono perwakilan dinas Pariwisata dan Budaya, Mpu Basuki dari padepokan Brojobuwono, Kanjeng Agus dari Brotosuro, dan banyak lagi kadang sutresno tosan aji lainnya.

Musium Keris di Sriwedari Solo

Hadir juga kepala dinas Pariwisata dan Budaya Pemkot Solo. Event ini diadakan UPTD Museum Keris dalam rangka memperingati usianya yang ke 5. Selain kirab, juga ada bursa keris dan peragaan tempa keris serta penanaman pohon.

Kyai Tengara menjadi icon di Museum Keris, merupakan keris ber-luk 5 yang melambangkan 5 sila dalam pancasila. Bermendakselutkan berlian dan intan serta berkinatah emas pada bilahnya.

Sugeng Riyanto salah satu tokoh yang sekaligus pecinta Keris,karena Keris adalah budaya kita yang diakui UNESCO. Maka melestarikannya adalah melestarikan juga Indonesia. Salam budaya.

( Sri)

Bagikan

RadarposTV