Pemkot Mojokerto teken komitmen satu data Sebagai Wujut Bersinergi

Jumat, 26 Agustus 2022 : 05:46


 

Penanadatangan Satu Data Oleh Walikota

Rada Pos.Com.Mojokerto
---Wali Kota Mojokerto Jawa Timur Ika Puspitasari atau Ning Ita beserta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat di daerah itu menandatangani komitmen bersama Forum Satu Data Kota Mojokerto sebagai wujud kesiapan bersinergi merealisasikan Satu Data Indonesia, Rabu.
 
Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita ini mengatakan Satu Data Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Selain itu juga mudah diakses dan dibagi pakai antara instansi pusat dan instansi daerah," ujarnya.

Ia mengatakan dengan data yang valid dan seragam di seluruh level dari paling tinggi hingga bawah maka akan memudahkan penentuan sebuah target program kegiatan menjadi lebih tepat sasaran.
 
Ia mengatakan komitmen menuju Satu Data Kota Mojokerto juga telah ditunjukkan dengan penetapan Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 81 Tahun 2021 tentang Satu Data Kota Mojokerto.
 
Menurutnya, keberadaan perwali tersebut menjadi landasan mengaplikasikan satu data sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di Kota Mojokerto.
 
"Sehingga saya harap ke depan, implementasi satu data ini benar-benar kita bisa mengawal dan melaksanakannya bersama-sama. Ini sebagai bentuk komitmen bersama," ujarnya.

Ia mengatakan di setiap OPD dan kecamatan, operator satu data bukan dipegang oleh kepala OPD dan camat melainkan pejabat di bawahnya.
 
"Namun, pimpinan tetap memiliki tanggung jawab untuk memastikan kebijakan satu data berjalan sebagaimana yang diharapkan," ujarnya.

Saat ini, Kota Mojokerto telah memiliki portal satu data yaitu satikomo.mojokertokota.go.id. Portal tersebut dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto yang berperan sebagai wali data sekaligus pimpinan sektor kebijakan satu data.
 
Dalam portal tersebut, saat ini telah tersimpan 1.111 dataset, di antaranya data publik 1.000 dataset dan data privat 111 dataset
(R-01)

Bagikan

RadarposTV