KKNT-MBKM UNISRI Menggelar Sosialisasi Tentang KDRT DI Desa Kragan Gondangrejo

Minggu, 28 Agustus 2022 : 15:16

 

Poto Bersama KKN -MBKM Unisri Solo bersama Ibu-ibu

Radar Pos.Com.Karanganyar-
--KKNT-MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan bertemakan Unisri Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi dilaksanakan tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022.  

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Muadz, S.Sn., MA Kelompok 29 berlokasi di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 14 orang.

Untuk menambah wawasan kepada masyarakat tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan sebagai upaya pencegahannya, kami melaksanakan Sosialisasi KDRT dan beberapan materi lain seperti Etika Bersosial Media , Bullying dan Narkotika di Balai Desa Kragan (24/08/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota PKK , Perangkat Desa Kragan dan Karang Taruna Desa Kragan dan menghadirkan pembicara Joko Yunanto, SH yang merupakan seorang Advokat.

Kekerasan dalam rumah tangga (  KDRT ) adalah tindakan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik oleh suami, istri, maupun anak yang berdampak buruk terhadap keutuhan fisik, psikis, dan keharmonisan hubungan.

Mahasiswa Unisri Solo baru Selfi bersama Rekan-rekan

Sesuai yang termuat dalam pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Dampak dari KDRT juga sangat kompleks yang bisa mempengaruhi ketahanan individu maupun ketahanan keluarga.

Banyak faktor pemicu terjadinya KDRT yaitu seperti faktor ekonomi, perilaku buruk pasangan, perselingkuhan, dan menganggap rendah pasanganya.

Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang sadar akan pentingnya gender yang terhindar dari segala bentuk kekerasan dan diharapkan para peserta sosialisasi khususnya ibu-ibu PKK berani melaporkan jika terjadi tindakan KDRT di dalam rumah tangganya.

(R-01)

Bagikan

RadarposTV