Indonesia Menang Adu Penalti lawan Myanmar 5-4

Kamis, 11 Agustus 2022 : 04:43



Adu pinalti anatar Indonesa dengan myanma U -16 5-4

Radar Pos.Com.Sleman
- Timnas Indonesia U-16 menang dramatis saat melawan Myanmar U-16 di babak semifinal Piala AFF U-16 2022.
 Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule yang menonton langsung di tribun mengaku tegang selama pertandingan.

Pada laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogyakarta Rabu (10/8/2022) malam, Garuda Asia sempat tertinggal 0-1 kemudian menyamakan kedudukan 1-1 hingga 90 menit. Di babak adu penalti Indonesia mampu menang 5-4.

Kiper Andrika menjadi salah satu bintang karena berhasil menggagalkan satu penalti Myanmar. Ini sekaligus membayar blundernya di babak pertama yang membuat Myanmar unggul.Iwan Bule mengaku tegang selama pertandingan. Bahkan di babak adu penalti ia sampai tidak mampu kuat melihat.

"Hampir copot jantung saya. Pada saat penendang ketiga Myanmar saya tidak mau lihat gawang dengan harapan tidak masuk dan akhirnya bisa diblok," ucap Iwan Bule seusai pertandingan.

Ia pun mengapresiasi kerja keras para pemain. Walaupun dia menilai banyak peluang yang terbuang sia-sia.

"Terima kasih kepada kiper, tapi semua juga baik. Kiper kita memang satu tingkat lebih baik di atas Myanmar. Kiper terima kasih telah memberikan yang terbaik buat bangsa kita," imbuhnya.Sementara itu, Andrika mengaku sempat grogi saat masuk babak adu penalti.

"Perasaan saya alhamdulillah sudah agak lega sekarang apalagi pas penalti saya agak merasa tegang tapi semua telah diberi bekal sama orang tua di rumah sama saudara untuk berzikir dan diberi rezeki sama Allah," kata Andrika seusai laga.

Andrika mengatakan, sebelum drama penalti, pelatih Markus Horison telah memberikan tips-tips menghadapi algojo penendang Myanmar. Sebelum laga ini pun ia juga mendapatkan materi untuk adu penalti.

Saat di bench, Markus meminta Andrika tetap tenang. Hasilnya, ia bisa mengantisipasi satu tendangan pemain Myanmar.

"Pertama itu disuruh lebih tetap tenang. Kedua juga kemarin bersama pemain sudah latihan jadi tips dari coach Markus sudah dipraktikkan dan membuahkan hasil.

Sementara itu, pelatih Timnas U-16 Bima Sakti menjadikan pertandingan ini sebagai evaluasi untuk menghadapi Vietnam di laga puncak. Ia tidak ingin pemain mengulang kesalahan yang menyebabkan terjadinya gol untuk tim lawan.

"Begitu kita menang, Andrika datang ke saya dia minta maaf tadi kesalahan gol, padahal dia sudah komunikasi tapi kurang keras, jadi nanti lawan Vietnam tidak boleh salah antisipasi, kurang komunikasi dengan pemain belakang," kata Bima


(R-01)

Bagikan

RadarposTV