Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo Selama Tiga Bulan Di Tutup Total

Senin, 08 Agustus 2022 : 06:17




Pembangunan Simpang Joglo Solo akan di tutup Total selama tiga bulan

Radar Pos.Com.Solo
--- Kawasan Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, bakal ditutup total 24 jam/hari selama tiga bulan pada pembangunan tahap ketiga rel layang Joglo, tepatnya pada Agustus-Oktober 2023.

Terkait hal itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memiliki rencana manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) sebagai solusi kemacetan selama tahapan tersebut.Hal itu mengemuka ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau proyek serta lintasan kereta api di simpang Joglo, Minggu (7/8/2022).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) Putu Sumarjaya dan Gibran menunjukkan linimasa pembangunan kepada wartawan di sela-sela peninjauan tersebut.

Berdasarkan linimasa tersebut, ada lima tahap pembangunan pada rel layang di simpang Joglo, Banjarsari, Solo. Penutupan simpang Joglo 24 jam/hari selama tiga bulan terjadi pada pembangunan tahap ketiga.

Ada tiga pekerjaan pada linimasa pembangunan rel layang Joglo tahap ketiga yang berupa pekerjaan super structure rangka baja. Pertama, erection bentang rangka baja sisi selatan pada Februari-April 2023.

Rekayasa lalu lintas untuk pekerjaan ini yakni adanya penutupan Jl Kolonel Sugiyono untuk kendaraan golongan 1, 2, dan 6. Lalu kendaraan berat golongan 3, 4, dan 5, yang melewati jalan Solo-Purwodadi dan Jl Kolonel Sugiyono dialihkan melalui tol.

Kendaraan Berat Dialihkan ke Tol
Kendaraan golongan 1  yakni sedan, mobil jip, pikap atau truk kecil, dan bus. Golongan 2 (truk besar dengan dua gandar/poros). Golongan 3 (truk besar tiga gandar/poros). Golongan 4 (truk besar dengan empat gandar/poros). Golongan 5 (truk besar dengan lima gandar/poros).

Kedua, pekerjaan erection bentang rangka baja sisi utara pada Mei-Juli 2023. Rekayasa lalu lintas simpang Joglo, Solo, untuk pekerjaan ini berupa penutupan jalan Solo-Purwodadi untuk kendaraan golongan 1, 2, dan 6. Sementara kendaraan golongan 3,4, dan 5 yang melewati jalan Solo-Purwodadi dan Jl Kol Sugiono dialihkan menuju tol.

Ketiga, pekerjaan erection bentang rangka baja sisi crown, Agustus -Oktober 2023. Rekayasa lalu lintasnya berupa penutupan Simpang Joglo 24 jam/hari selama tiga bulan.

Kemenhub memaparkan MRLL selama penutupan tiga bulan tersebut yakni:Kendaraan dari arah Purwodadi menuju arah Surabaya dan sebaliknya dialihkan lewat Jl. Kerinci-Jl. Bromo Raya-Jl. Sumpah Pemuda dan sebaliknya.


Kendaraan dari arah selatan (kota) yang menuju Jl. Sumpah pemuda/arah Surabya dialihkan lewat Jl. Letjen Sutoyo-Jl. Sumpah Pemuda
Kendaraan dari arah selatan (kota) yang menuju arah Yogyakarta/Jakarta dialihkan lewat Jl. Monginsidi-Jl. A. Yani- Jl. Adi Sumarmo


Kendaraan dari arah barat (Jakarta/Yogyakarta) yang menuju simpang dialihkan lewat perempatan Komplang-Jl. Adi Sumarmo-Jl. Kapt. Pierre Tendean-Jl. A. Yani- Jl. Monginsidi
Kendaraan besar gol. 3,4, dan 5 dilarang melintasi Viaduct Gilingan
Kendaraan Gol 3,4, dan 5 yang menuju simpang Joglo dialihkan lewat tol.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengingatkan masyarakat adanya gangguan lalu lintas selama pembangunan rel layang Joglo, Solo.

Budi menjelaskan simpang Joglo merupakan kawasan vital bagi lalu lintas kereta api penghubung Solo, Semarang, Purwokerto, dan Jogja. Kawasan itu merupakan jalur favorit karena warga Solo, Semarang, dan Jogja saling berkunjung.

“Kami bersama sama dengan kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat]  dan Pemkot Solo bahu membahu menargetkan tahapan pembangunan di sini April  2024 sudah selesai,” kata dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan seluruh pihak terkait sudah mempertajam linimasa pembangunan. Bakal ada sejumlah titik kemacetan baru di Kota Solo selama pelaksanaan pembangunan.

“Ini tadi ke depan ada titik-titik kemacetan baru. Pekerjaan akan dimulai. Ini akan segera kami sosialisasikan rekayasa lalu lintas,” kata Gibran. Dia memohon kepada warga Solo bersabar selama proses pembangunan.

Pihak-pihak terkait akan mengejar pekerjaan supaya selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. “Harapannya ini selesai sesuai deadline yang telah ditetapkan dan insyaallah kemacetan seperti sekarang tidak ada lagi.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV