Work Shop Pembinaan Pelayanan Ibu Hamil dan anak Di Puskesmas Mojogedang

Rabu, 06 Juli 2022 : 05:18


Bupati Karanganyar saat Memberikan arahan dalam Work Shop

Radar Pos.Com.Karanganyar
---Guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi (AKI & AKB) juga Stunting di Kecamatan Mojogedang, Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menggelar Workshop Pembinaan Peningkatan Pelayanan bagi Ibu Hamil yang diselenggarakan di dua tempat yaitu di Upt. Puskesmas 1 dan 2 Mojogedang pada Rabu(29/6/22).

Dengan pemateri workshop langsung oleh Bupati Karanganyar  H. Juliyatmono. Sri Mulyani Kepala Upt Puskesmas 1 Mojogedang menyampaikan bahwa data di Puskesmas 2 Mojogedang ada 206 ibu hami pada tahun ini, dan kasus stunting dan yang terdata di Puskesmas 2 Mojogedang ini masih tinggi yaitu 75 anak.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa di Upt Puskesmas 2 Mojogedang ini belum siap bahkan belum bisa digunakan untuk menangani persalinan. Jadi semua persalinan larinya ke Puskesmas 1 Mojogedang atau langsung ke bidan Desa yang sudah membuka praktek sendiri.

Sementara itu Kristuti Catur Sumarah Kepala Puskesmas 1 Mojogedang dalam laporannya Menyampaikan bahwa menurut data yang ada dipuskesmas 1 Mojogedang ini pada tahun ini 0 kasus. Turun drastis dari kasus tahun lalu yang tembus 106 kasus stunting.

Bupati Karanganyar dalam arahannya menyampaikan bahwa akan membenahi juga membangun untuk Puskesmas 2 Mojogedang ini agar segera bisa digunakan untuk melayani persalinan. Untuk mencegah stunting itu yang paling penting adalah produksi ASI yang bagus dari sang ibu. Jadi harus dijaga benar pola makannya bagi para ibu, agar selalu memakan makanan yang bergizi, jelas Bupati.

” Pemerintah memang menganjurkan merencanakan dua anak lebih baik, namum pada teorinya pemerintah tidak bisa melarang jika dalam keluarga memiliki lebih dari dua anak. Yang terpenting dipikir matang-matang sebelum menentukan akan mempuanyai berapa anak”, ucapnya.

Di Eropa bahkan Asia sudah ada beberapa negara yang wanitanya sudah tidak mau lagi melahirkan, ini akan sangat bahaya bagi bangsa tersebut kedepannya karena minimnya generasi  penerus. Dan stunting merupakan program Nasional yang perlu ditangani dengan baik dalam setiap daerah.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV