UNIBA Solo Dies Ke-39 ,Sinergitas Meningkakan Daya Saing

Jumat, 29 Juli 2022 : 19:19

 

Dies Natalis UNIA Solo Ke -39

Radar Pos.Com.Solo
---Puncak Dies Natalis UNIBA Surakarta Ke-39 ,berlangsung Selasa 26 Juli 2022  menghadirkan orasi ilmiah yang disampaikan Prof.Dr.Ir.Bambang Prasetyo,Msc,Phd Kepala Pusat Riset Teknologi Pengujian Dan Standar,BRIN Kepala BSN/KAN 2012-2020.

Dihadapan Civitas Akademi ,Jajaran Rektorat,Wakil Walikota Surakarta serta Tamu Undangan,Prof.Bambang menyampaikan orasi yang bertemakan ,Strategi peningkatan prestasi perguruan tinggi melalui penguatan sistem managemen,riset-inovasi dan pemanfaatan teknologi digital.

Prof.Bambang pada kesempatan terpisah mengatakan,kemajuan UNIBA yang berusia 39 tahun   mengalami peningkatan pesat,karena terpanggil membenahi sumber daya manusia,  juga membangun pencitraan, karena semakin banyak persaingan perguruan tinggi serta mandiri.

Sedang PTS memang fleksibel,namun perlu dituntut para dosen ,kurikulum  harus update juga penguasaan IT ,karena dituntut lulusan nya harus siap kerja sekaligus ikut membangun pilar bangsa.

Kerjasama memang sangat perlu ,PTN dengan PTS bersama  dengan  swasta  sangat penting untuk dikembangkan ,karena yang tahu kebutuhan pasar kerja adalah swasta dan nantinya lulusan  yang sudah mendapat pekerjaan ,pasti akan balik memberikan informasi kepada masyarakat tentang perguruan tinggi yang meluluskannya.

Menyinggung semangat UNIBA membuka Prodi baru S2 Hukum dengan konsentrasi Cyber Craime ,Prof .Bambang mengapresiasi karena di Indonesia baru UNIBA yang ada dan ini merupakan kebutuhan  masa depan dalam dunia digital, sehingga perlu adanya sarjana ahli dibidang pengaman bidang IT.

Diyakini Prodi baru S2 Hukum dengan konsentrasi Cyber Craime mendapat respon positif didunia  pendidikan tinggi ,juga pasti calon mahasiswanya,kata Prof.Bambang .

Sementara dalam laporannya Rektor UNIBA Dr.Amir Junaidi,SH,MH mengatakan.Rektor Universitas Islam Batik Surakarta  menyatakan pada saat ini, posisi pemeringkatan Universitas Islam Batik pada beberapa kurun waktu terakhir ini dapat pada skala universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi melalui website Versi 4icu, maka UNIBA masuk pada peringkat 400 untuk wilayah Indonesia dan peringkat 32 untuk Jawa Tengah.

"Kemudian untuk kinerja penelitian dan pengabdian, sebagaimana dilansir pada sistem SINTA LLDIKTI 6 (sumber dari laman https://sinta.lldikti6.id), UNIBA untuk kinerja penelitian mendapatkan score meningkat dalam kurun 3 tahun terakhir ranking 11 di Jawa Tengah, dan pada ranking no 1 di wilayah Surakarta untuk Perguruan Tinggi Swasta," ungkap Rektor .

Rektor Uniba menandaskan menilik hasil posisi pemeringkatan yang positif ini merupakan modal maju UNIBA untuk tetap secara berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi menjadi lebih baik lagi.
 

Dr. Amir mengemukakan, UNIBA pada saat ini secara organisasi telah bertambah 1 (satu) program studi yaitu Program Studi Magister Hukum, sehingga jumlah keseluruhan program studi di UNIBA menjadi 10 (sepuluh) program studi. Kemudian usulan untuk pembukaan program studi Informatika, akan diajukan kembali pada tahun ini setelah adanya moratorium penutupan pembukaan program studi dari direktorat kelembagaan Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Kemudian untuk perkembangan akreditasi di UNIBA saat ini, seluruh program studi telah terakreditasi. Pada saat ini ada 1 program studi yang akan melakukan reakreditasi untuk program sarjana manajemen, dan akreditasi yang pertama untuk program studi Teknik Sipil.

Pada skala pemenuhan kebijakan kampus merdeka, menurut Dr.Amir, sudah dilakukan dengan membuat berbagai perangkat yang mendukung, dimana hal ini diakselerasi dengan kebijakan pendanaan secara internal kepada program studi yang belum melakukan perubahan kurikulumnya.Selamat dan Sukses .

(Sri]

Bagikan

RadarposTV