Puan Resmikan Kawasan Bung Karno di Banyumas Beberapa Tempat

Rabu, 06 Juli 2022 : 18:20



Ketua DPR RI Puan Maharani Resmikan berbagai bangunan di Purwokerto

Radar Pos.Com.Banyumas
-- - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan kawasan Bung Karno di Kota Purwokerto, hari ini. Sejumlah bangunan yang berada di kawasan tersebut diberi nama terkait dengan keluarga Bung Karno. Puan menyebut seperti kehendak alam ketika dialah yang meresmikan. Apa maksudnya?

"Saya pikir hanya meresmikan satu tempat, ternyata yang akan diresmikan ini banyak. Alhamdulillah tak disangka ini seperti kehendak alam, saya menjadi ketua DPR hampir 2,5 tahun dan banyak sekali tempat, ada jalan dan sebagainya yang saya resmikan atas nama Sukarno," kata Puan Maharani di kawasan Bung Karno, Purwokerto, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya penggunaan nama Bung Karno sebagai sebuah kawasan menjadi hal yang relevan karena Sukarno adalah tokoh yang memiliki kontribusi besar bagi bangsa Indonesia.

"Betapa besar pengabdian (Sukarno). Apa yang sudah diberikan oleh Bung Karno buat bangsa ini, apa-apa yang sudah dilakukan Bung Karno. Tahun 1945 memerdekakan republik sampai kemudian sekarang apa yang menjadi legacy beliau itu masih kita ingat," ujar cucu Bung Karno tersebut.


Pihaknya berharap nantinya kawasan Bung Karno agar dikelola dengan baik. Siapapun nanti kepala daerahnya, dia berpesan nama kawasan tersebut tidak diganti dan tetap terawat dengan baik.

"Saya harap kawasan ini, Kawasan Bung Karno ini, akan tetap ada selama Banyumas ada. Kita jaga, kita rawat dan akan menjadi kebanggaan Banyumas dan masyarakat yang ada di Purwokerto," ucapnya

Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan penamaan kawasan dengan nama Bung Karno karena keinginan masyarakat Banyumas menyampaikan rasa berterimakasih kepada Bung Karno.

"Dimulai dari jembatan Proklamator, kalau malam sangat indah. Sebelum masuk jembatan kami akan buat patung Bung Karno. Desainnya sudah ada, marketnya sudah ada," kata Husein

"Dibuat patung besar dari perunggu nantinya. Selain itu (ada patung) garuda besar sekali dari perunggu. Memang biayanya sangat tinggi kira-kira 15 miliar, nanti bagaimana caranya kita bisa gotong royong," lanjutnya.

Di kawasan Bung Karno, kata Husein, juga akan dibangun menara teratai setinggi 114 meter untuk menikmati pemandangan Purwokerto dan sekitarnya. "Purwokerto di sini tengah-tengah, akan kelihatan sekali kalau malam hari seperti apa (pemandangan sekitarnya)," jelasnya

Di kawasan itu juga akan dibangun Convention Hall dengan nama Putra Sang Fajar. Ke depan, menurutnya, juga akan dibangun telaga yang nantinya akan diberi nama Telaga Fatmawati.
Kawasan ini betul-betul ranahnya ada kaitannya dengan Bung Karno dengan segala perjuangannya," tuturnya


(R-01)

Bagikan

RadarposTV