Presiden Jokowi Kurban sapi Di Masjid Agung Solo Beratnya 1 Ton Lebih

Sabtu, 09 Juli 2022 : 05:11



Sapi Korban yang akan di sembelih di Masjid Agung Solo Sumbangan Presiden Jokowi

Radar Pos.Com.Solo
-- Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memberikan dua sapi kurban di Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Solo pada momen Iduladha 2022. 


Berdasarkan data yang dibagikan Pemkot Solo, Jumat (8/7/2022) sore, dua sapi kurban Jokowi yaitu jenis Limosin dan Simental.

Sapi Lemosin untuk kurban di Masjid Agung Solo, sedangkan sapi Simental untuk kurban di Masjid Al Wustho Solo. Kedua sapi sudah diperiksa secara medis dan dinyatakan sehat serta bebas dari cacing.

Sedangkan bobotnya, sapi kurban Jokowi di Masjid Agung Solo lebih berat, yaitu 1.010 kilogram atau lebih dari 1 ton. Lalu sapi kurban Jokowi di Masjid Al Wustho seberat 960 kilogram.


Sapi kurban Presiden Jokowi untuk Masjid Agung Solo berasal dari Kedungdowo, Kecamatan Andong, Boyolali. Sapi itu dibeli dari warga bernama Harun Alrosid. 


Sementara sapi untuk Masjid Al Wustho Solo berasal dari Mendiro, RT 006/RW 007 Kalongan, Ungaran Timur.

Sapi tersebut dibeli dari warga daerah itu yang bernama Sutrisno. Bila dibandingkan dengan sapi kurban Jokowi tahun lalu, dua sapi kurban tahun ini lebih berat. Sebab dua sapi kurban Jokowi pada Idul Adha tahun lalu berbobot 837 kg.

Dua sapi kurban Jokowi tahun lalu dibeli dari seorang peternak asal Candirejo RT 006/RW 004 Desa/Kecamatan Musuk, Boyolali, bernama Munawar. Sapi kurban Jokowi berjenis limosin dan peranakan ongole (PO) atau dikenal dengan sapi Jawa.


Yang menarik, walau berjenis berbeda, tapi dua sapi kurban Presiden Jokowi berbobot sama, yaitu 837 kilogram. Tapi harga masing-masing sapi itu berbeda. Untuk sapi limosin dihargai Rp62,5 juta, sedangkan untuk sapi PO seharga Rp63 juta.

Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom, Jumat, mengatakan penyembelihan hewan kurban tahun ini akan dilakukan pada Minggu (10/7/2022). Dia berharap sapi kurban Jokowi tiba mendekati waktu penyembelihan, yaitu Sabtu (9/7/2022).

Tapi sebagai pelaksana penyembelihan hewan kurban, Muhtarom memastikan siap menerima kapan pun sapi kurban Jokowi dikirim. Menurutnya, telah dipercaya untuk menyembelih hewan kurban Presiden Jokowi merupakan kehormatan.

Apalagi Jokowi rutin memberikan hewan kurban untuk disembeih di Masjid Agung Solo pada hari Iduladha. “Sejak Pak Jokowi menjadi Wali Kota Solo sampai dengan menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Presiden rutin beri hewan kurban.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV