Mangkunegara X KGPA Bhree Cakrahutama Mendadak Temui Gubernur Ganjar Pranowo

Kamis, 07 Juli 2022 : 19:15


 

KGPA X Bhre saat Berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Radar Pos.Com.Solo
-- KGPAA Mangkunegara X Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis (7/7/2022).Beberapa hal penting dibahas dalam pertemuan itu. Termasuk rencana pengembangan Keraton Pura Mangkunegaran Surakarta.


"Kami sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa punya amanah yang besar untuk menggali kebudayaan, melestarikan kebudayaan, dan juga mengembangkannya," kata Kanjeng Gusti Bhre
Bhre menjelaskan bahwa pengembangan Pura Mangkunegaran tersebut tentu harus relevan dengan perkembangan zaman sekarang.


Meski demikian dalam pengembangannya akan selalu berdasarkan pada nilai-nilai dan akar dari Mangkunegaran yang sudah ada selama ini, baik dari segi kebudayaan, pariwisata, dan pengetahuan.
"Tapi yang paling penting adalah tidak melupakan fondasi atau akarnya sendiri yaitu paugerannya, adatnya, dan tradisinya. Nilai-nilai yang ada di Pura Mangkunegaran menjadi fondasi seterusnya dan selamanya, juga untuk pengembangan kami," ujarnya.


Bhre mengungkapkan dukungan dari Ganjar Pranowo dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya pengembangan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa.
Dirinya menyebut dukungan Ganjar sangat luar biasa untuk Pura Mangkunegaran dan diharapkan ke depan pihaknya dan Pemprov Jateng dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan kebudayaan.


"Saya sangat senang sekali dan suatu kehormatan juga bagi kami untuk bisa bertemu dengan Bapak Gubernur. Kami sangat senang dan bersyukur juga Atas support dari beliau yang sangat luar biasa agar bisa terus berkembang, tentu harapan ke depan Pura Mangkunegaran bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi, terutama dalam kegiatan kebudayaan," katanya.


Dalam kesempatan itu, Bhre juga menyampaikan beberapa kegiatan terdekat yang diselenggarakan oleh Pura Mangkunegaran diantaranya adalah Kirab Pusaka Malam 1 Suro yang sempat terhenti selama pandemi COVID-19 dan hanya dilakukan secara terbatas.selain kegitan lain termasuk Pertunjukan tari di tiga Negara.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV