Kebo Bule Keraton Solo Mati Kena PMK, Masih 6 Ekor juga Sakit

Jumat, 22 Juli 2022 : 19:52


Kerbau Bule Milik Keraton Solo terjangkit PMK

Radar Pos.com.Solo
- Penyakit PMK masih mewabah  Seekor kebo bule milik Keraton Kasunanan Solo mati terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Diduga manusia menjadi perantara virus sehingga menular kepada kerbau Kyai Slamet tersebut.

Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Solo, KP Dani Nur Adiningrat, mengatakan dugaan tersebut disampaikan oleh dokter hewan yang memeriksa kondisi kebo bule. Sebab kebo bule tersebut sehari-hari hanya berada di kandang.

"Diperkirakan dari (oleh) dokter hewan, penularannya lewat manusia. Memang manusia tidak tertular tapi carrier," kata Dani saat dihubungi

Kepala DPKPP Solo, Eko Nugroho Isbandijarso, mengatakan tim dokter sudah mengecek kondisi kerbau di keraton Solo. Selain kerbau yang mati, masih ada enam kerbau yang terpapar PMK.

"Betul terindikasi PMK, kemarin teman-teman sudah ke sana. Sekarang masih ada enam yang terindikasi PMK," kata Eko saat dihubungi wartawan.

Dia pun merekomendasikan agar kebo bule tidak diikutsertakan dalam kirab malam 1 Suro pada 29 Juli 2022 nanti.

"Nanti tergantung hasil pemeriksaan seperti apa. Kalau memungkinkan ya bisa ikut kirab, tapi menunggu dulu hasilnya. Tapi kalau masih sakit sebaiknya tidak dikirab," imbuhnya.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV