Gibran Bakal Ikut Kirab Malam 1 Suro Untuk Nguri-Uri Budaya Sekaligus Pemulihan Ekonomi

Rabu, 27 Juli 2022 : 05:09




Kirab 1 Suro di Keraton Solo

Radar Pos.Com.Solo
--- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bakal mengikuti kirab malam 1 Suro yang akan diselenggarakan Jumat (29/7) malam. Gibran rencananya akan mengikuti kirab, baik di Pura Mangkunegaran maupun di Keraton Kasunanan Surakarta.

Hal tersebut disampaikan Gibran usai menerima kunjungan putra mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Gusti Adipati Anom Sudibyo Rajaputra Narendra Ing Mataram di Balai Kota Solo. Putra mahkota menyerahkan undangan acara malam 1 Suro kepada Gibran.

"Beliau Gusti antar undangan buat besok Jumat, Suro. Iya (ikut kirab). Jam 19.00 di Mangkunegaran, lalu (tengah malam) di Keraton," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (26/7/2022).


Dalam pertemuan itu, mereka juga membahas masalah kebo bule yang kini terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) sehingga terancam tidak bisa diikutsertakan dalam kirab tahun ini.

"Saya sudah perintahkan Dispertan untuk memvaksin. Kita pantau dulu mana yang siap atau fit untuk kirab," katanya.

Dengan keikut sertaannya dalam kirab, Gibran ingin budaya Jawa tetap lestari. Dia juga ingin perekonomian Kota Solo kembali meningkat melalui kegiatan budaya.

"Untuk nguri-uri budaya Jawa. Kita juga ingin menunjukan Solo dalam keadaan yang aman. Juga karena dua tahun terakhir kirabnya masih terbatas. Jumat besok kita ramaikan. Ini salah satu event tahunan terbesar juga," ujar dia.

Sementara itu,Kanjeng Gusti Adipati Anom Sudibyo Rajaputra Narendra Ing Mataram mengatakan saat ini kondisi kebo bule semakin membaik. Dia berharap kebo bule yang terpapar PMK bisa sembuh dan mengikuti kirab.


"Besok semoga berjalan lancar. Kami dari keraton juga sudah dibantu dinas terkait kerbaunya. Semoga yang sakit cepat pulih dan bisa dikeluarkan ketika malam 1 Suro," katanya.

Terkait tamu undangan selain Gibran, dia mengatakan kemungkinan akan hadir pula KGPAA Mangkunegoro X dalam kirab di keraton.

"Kemungkinan (Mangkunegoro X) hadir. Karena kami juga akan ke Mangkunegaran jam 19.00 WIB," pungkasnya


(R-01)

Bagikan

RadarposTV