Universitas Muhammadiyah Karanganya (Umuka) berdiriatas Pengabungan 3 PTS yang Ada

Kamis, 09 Juni 2022 : 05:33





Poto Bersama Para Tokoh Muhammadiyah bersama Bupati Karanganyar

Radar Pos.Com.Karanganyar
-- Kampus Universitas Muhammadiyah Karanganyar atau Umuka akan menempati tempat tiga lokasi berbeda. Kampus utama Umuka akan berada di Jl Lawu, Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Sementara tiga lokasi lainnya yakni di eks kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Tegalgede, Kampus Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka) yang dikelola Yayasan Pendidikan Karanganyar, dan di lahan RS PKU Muhammadiyah di Jl. Jenderal A. Yani, Gapura Papahan Indah, Papahan, Kecamatan Tasikmadu.

Seperti diketahui, Umuka diresmikan pada Selasa (7/6/2022) lalu. Umuka berdiri dengan menggabungan tiga perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah lebih dulu ada.

Ketiga PTS tersebut di antaranya Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta yang dikelola Yayasan Pendidikan Widya Nusantara. Kemudian Akademi Sekretari Manajemen Santa Ana Semarang yang dikelola Yayasan Lembaga Pendidikan Putera Manunggal Sejahtera. Terakhir Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka) yang dikelola Yayasan Pendidikan Karanganyar.

Umuka membuka 10 program studi (prodi) yakni S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Ternak, D3 Perhotelan, D3 Sekretari Digital, dan D3 Bina Wisata.
 

Mantan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ravik Karsidi, akan menjadi Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka). Bersama anggota BPH lainnya, Ravik mengatakan akan memaksimalkan kampus yang sudah ada dan mengembangkan lahan yang dimiliki.

Ravik mengatakan bahwa meskipun sudah pernah memimpin perguruan tinggi negeri, namun mengelola perguruan tinggi swasta akan menjadi tantangan baru.

“Saya punya pengalaman di universitas negeri. Tapi [Umuka] ini kan universitas swasta sehingga tentu beda [pengelolaannya]. Insha Allah atas pengalaman itu kami akan berkordinasi dengan BPH lain. Dan Muhammadiyah yang sudah sangat besar tentu akan mendukung dengan baik,” ujarnya kepada wartawan usai Peresmian Umuka, Selasa (7/6/2022) di kampus utama Umuka.


Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ahmad Dahlan Rais, meminta pengelola agar tidak ragu memilih pimpinan (rektor dan jajarannya) dari kalangan muda. Menurutnya, dengan pimpinan dari kalangan muda diharapkan lebih berenergi sehingga mampu membawa kemajuan Umuka dengan lebih cepat.

“Nanti rektor atau pimpinannya yang muda tidak apa-apa. Di UMS [Universitas Muhammadiyah Surakarta] rektornya [Sofyan Anif] dibantu lima wakil rektor yang semuanya muda-muda,” imbuhnya

(R-01)

Bagikan

RadarposTV