Mentan sediakan 3 Juta vaksin PMK dari Prancis

Minggu, 19 Juni 2022 : 05:51




Saat Vaksin Hewan sapi

Radar Pos.com.Sukoharjo
--- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memimpin apel siaga Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Sukoharjo. Apel dilakukan sebagai penanda dimulainya suntik vaksin untuk sapi-sapi di Jawa Tengah.Apel diikuti oleh dinas pertanian dan peternakan kabupaten/kota di Jawa Tengah di halaman kantor Bupati Sukoharjo. Secara simbolis, Syahrul menyerahkan bantuan vaksin PMK darurat kepada Pemprov Jateng dan Pemkab Sukoharjo.

Usai apel, Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Dengan mengenakan alat pelindung diri (APD), Syahrul menyaksikan proses vaksinasi kepada sapi-sapi di salah satu peternakan.

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan akan mendatangkan 3 juta vaksin PMK dari Prancis. Pada tahap pertama, sudah ada 800 ribu vaksin PMK yang tiba di Indonesia.

"Beli vaksin ini tidak seperti di supermarket, belum tentu pesanannya sama dengan negara lain, virusnya apa, strain-nya, bla bla bla. Ini adanya di Prancis, saat ambil ke sana sudah dipesan Brazil. Harus ketemu menterinya dulu baru bisa keluar," kata Mentan di Sukoharjo, Sabtu (18/6/2022).

Syahrul juga menjelaskan apel sengaja digelar untuk menyamakan semangat agar penanganan PMK bisa segera tuntas.

"Tanpa apel kita tetap jalan, tapi dengan apel ini memberi sugesti semangat bagi kita semua, bahwa wabah PMK bisa dikendalikan dan hilang dari Indonesia seperti 32 tahun yang lalu," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan hingga 16 Juni 2022 ada 511 kasus PMK pada sapi di Sukoharjo. Saat ini pihaknya mengajukan vaksinasi untuk 35 ribu sapi.

"Di Sukoharjo ada 511 kasus, 4 di antaranya mati, 67 sembuh, 2 dipotong paksa. Sekarang kami mengajukan vaksin untuk 35 ribu sapi, kata Pak Mentan akan diakomodasi semua," pungkasnya


(R-01)

Bagikan

RadarposTV