Penderita Gula atau Diabetes Tidak Disarankan Makan Buah Mangga

Rabu, 25 Mei 2022 : 05:33


 

Buah Mangga Yang Enak

Radar Pos.com
- Buah mangga memiliki rasa manis dan segar, serta mudah ditemukan di Indonesia. Namun bagi pengidap diabetes wajib berhati-hati saat mengonsumsi buah mangga. Kenapa?
Ya, pengidap diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi buah untuk menghindari lonjakan gula darah. Pakar dari Departemen Nutrisi dan Diet dari Rumah Sakit Manipal Hebbal Bengaluru, Sherly Ganesh, mengatakan sebaiknya penderita diabetes hindari mengonsumsi buah mangga.


“Mangga mengandung gula alami, yang berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah,” ungkap Sherly Ganesh dilansir HealthShots.Namun, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk menghitung buah dalam rencana makan. Karbohidrat memiliki 130 gram per hari. Dan seseorang dengan diabetes, harus mengonsumsi 45 hingga 60 gram karbohidrat per makanan, dan 15-30 gram untuk camilan.

Berapa Jumlah Mangga Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?
Selain memiliki kaya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan polifenol, dan sumber lainnya, bagi penderita diabetes sebaiknya konsumsi mangga dalam jumlah sedang. Empat potong mangga sedang mengandung 15 gram karbohidrat.


“Untuk penderita diabetes, Anda bisa membatasi ukuran porsi dan bisa mengonsumsi satu potong setiap empat hari sekali,” ungkap Sherly.Sherly juga menyarankan agar penderita diabetes bisa makan mangga, sebagai bagian dari campuran salad sayur seperti tomat, mentimun, bawang merah, lobak, dan ketumbar cincang.


Campurkan buah ini ke dalam salad sebanyak 4-5 potong mangga. Setelah itu, nikmatilah dengan santai.


(R-1)

Bagikan

RadarposTV