Hati-Hati Titik Rawan Macet Arus Balik di Tol Trans Jawa

Jumat, 06 Mei 2022 : 08:25



Arus Balik Hati hati dalam Perjalanan

Radar Pos.Com.Solo
--- Arus balik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada 6-8 Mei 2022. Sehingga pemudik diimbau untuk balik lebih awal terutama yang memanfaatkan jalan tol Trans Jawa.Dikutip dari berbagai sumber dan akun resmi Kemenhub, dephub.go.id, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal,” jelas MenhubDiimbau masyarakat untuk balik dari mudik sebelum puncak arus balik. di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Hal ini guna mengindari terjadinya kemacetan.

“Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” jelas Menhub
Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, ada dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang – Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Selain itu Menhub juga mengimbau agar pemudik yang melakukan perjalanan balik jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh.

Apalagi berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujar Menhub.Selain itu Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H jatuh pada H+5 atau pada hari Minggu (8/5/2022).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Prediksi angka tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Kemudian GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak). Prediksi dari arah Timur mencapai 64,64 persen dari total lalin. Sementara itu, untuk dari arah Barat sebesar 21,35 persen dan dari arah Selatan sebesar 14,02 persen.

(Team)
 

Bagikan

RadarposTV