Bupati Karanganyar Serahkan SK 1.263 PPPK Guru Di Graha PGRI

Kamis, 19 Mei 2022 : 07:43



Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono ,MM menyerahkan SK Kepada Guru

Radar Pos.com.Karanganyar
--- Sebanyak 1.263 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru di Karanganyar menerima surat keputusan (SK) pengangkatan. PPPK di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Karanganyar ini pun bakal langsung menerima gaji ke-13 2022 pada Juli nanti.

SK pengangkatan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kepada perwakilan PPPK di Graha PGRI Karanganyar di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Rabu (18/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan para PPPK tersebut kini memiliki kewajiban sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), sekaligus menerima hak sesuai ketentuan, termasuk gaji ke-13.

“Dengan diterimanya SK ini, PPPK sudah punya kewajiban-kewajiban sebagai pegawai. Kalau guru ya sudah punya kewajiban mengajar dan mendidik dan kewajiban lainnya seperti pegawai lainnya yang ASN. Nah, nanti PPPK ini juga akan dapat gaji ke-13 Juli nanti. Bagi yang butuh pinjaman, SK-nya juga laku [sebagai jaminan] di Bank Daerah,” ujar Juliyatmono disambut tepuk tangan PPPK.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan 1.263 PPPK itu terdiri atas guru kelas, guru agama, guru olahraga, dan guru mata pelajaran lainnya. Jenjangnya mulai SD dan SMP. Mereka menempati sekolah sesuai dengan formasi yang mereka lamar saat pendaftaran.

Sementara itu, di Karanganyar masih ada sekitar 400-an guru honorer yang belum terakomodasi dalam PPPK. “Di Karanganyar ada 1.636 guru honorer, yang sudah diangkat PPPK ini 1.263 orang. Nanti yang lain menunggu pemerintah dalam perekrutan tahap ketiga,” ujar Suprapto.

“Bagi guru honorer yang sudah masuk dalam dapodik [data pokok pendidikan] itu boleh melamar baik di dalam daerah maupun di luar daerah. Konsekuensinya, persaingan akan semakin berat,”


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV