Warga di Wilayah 4 J Karanganyar Tak Ambil BLT Karena Sebagian yang Merantau

Senin, 18 April 2022 : 07:04


Ilustrasi BLT

Radar Pos.Com.Karanganyar
---–Sebanyak 1.000 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Karanganyar tidak mengambil bantuan langsung tunai (BLT) jenis bantuan pangan nontunai (BPNT) senilai Rp200.000 per bulan.karena dengan berbagai alasan ada yang merantau ada yang lainya.

Setidaknya angka itu yang tercatat di Kantor Pos, salah satu instansi yang menyalurkan bantuan tersebut. Kepala Kantor Pos Karanganyar, Lulu Maulidia mengatakan kebanyakan KPM yang tidak mengambil BPNT tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, dan Jatiyoso atau yang dikenal dengan 4J.

Bahkan bantuan yang tidak diambil tidak hanya sebulan, tetapi tiga bulan sejak Januari 2022. Sehingga jumlah total yang seharusnya diterima masing-masing KPM adalah Rp600.000.sementara daerah lain sampai antri.

“Ada KPM yang tidak mengambil BNPT Januari sampai Maret. Jumlahnya [yang KPM tidak mengambil] seribuan. Kebanyakan dari 4J,” Para KPM tersebut tidak mengambil BPNT karena mereka tidak berada di rumah.merantau ke luar daerah. “Mereka tidak ada di rumah. Banyak yang merantau ke luar kota,” imbuh dia.

Jumlah total nilai bantuan yang tidak terambil tersebut sekitar Rp600 juta selanjutnya dikembalikan kepada negara.Lulu menjelaskan bahwa mekanisme pengambilan BNPT tersebut dilakukan melalui undangan yang masa berlakuknya sebulan. Setelahnya, undangan tidak berlaku dan sistem akan memblokir nama tersebut.alias hangus.

“Jadi kalau undangannya sudah lewat sebulan, nama itu diblokir dan kami juga tidak bisa bayar mereka,” ujar dia Apabila ada warga yang habis massa undanganya maka jangan salahkan pihak kami sebagai Instansi yang menyalurkan.


(Team)
 

Bagikan

RadarposTV