Surat Edaran Menaker: Perusahaan Wajib Bayar THR H-7 Lebaran

Sabtu, 09 April 2022 : 05:33



Menteri Tenaga kerja Ida fauziah

Radar Pos.Com.Jakarta-
--– Kemnaker menerbitkan Surat Edaran (SE) yang mengatur Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2022. Yaitu SE M/1/HK/PT04/IV/2022. Dalam SE itu mewajibkan perusahaan memberi THR sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 

“Pemberian THR merupakan kewajiban yang harus dilakukan perusahaan. THR keagamaan adalah pendapatan nonupah yang harus dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan,” kata Menteri Tenaga Kerja  (Menaker) Ida Fauziah, Jumat (8/4), dilansir dari laman infopublik.id.

Menaker menyebut, perusahaan wajib membayar penuh Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja/buruh minimal 7 hari sebelum Lebaran 2022. Hal itu dikarenakan, pengendalian Covid-19 telah berhasil dilakukan sehingga kelangsungan kerja antara perusahaan dengan pekerja sudah berjalan dengan normal.
 

Menaker menegaskan, pemberian THR keagamaan bagi pekerja atau buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja atau buruh dan keluarganya, dalam merayakan hari raya keagamaan.

Kebijakan itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, juga Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan Dan itu sudah diberikan kelongaran karena Pandemi Covid 19.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV