Pengakuan Sopir Truk Terabas Underpass Makamhaji Sukoharjo

Kamis, 14 April 2022 : 07:50




Polisi memberikan Surat Tilang

Radar Pos.com.Sukoharjo-
--– Sopir truk yang viral di media sosial karena aksinya naik ke bak truk saat menerabas portal Underpass Makamhaji di Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Okta Efri Tyantoro, 29, mengaku pihaknya tidak berusaha merusak portal.

“Bukan [merusak portal], yang saya rusak justru malah muatan saya, saya injak-injak, biar rata yang bagian depan dan belakang. Lha kalau saya ongkek-ongkek [melengkungkan paksa portal] kan ya malah roboh,” katanya menjelaskan aksinya katanya saat berbincang dengan Solopos.com di Pos Tugu Kartasura, setelah tindakan penilangan dari Lantas Sukoharjo, Rabu.

Dia menegaskan aksinya itu dilakukan karena dia ingin menekan muatan yang berada di dalam truk. Okta mengatakan tinggi muatan belakang truk berselisih satu sentimeter dibandingkan tinggi muatan depan.

Okta menambahkan setelah berhasil melewati portal underpass itu, dirinya sempat berhenti dan memastikan portal tidak mengalami kerusakan ataupun roboh. Dia juga mengatakan setelah aksinya itu, warga juga sempat menanyakan terkait tinggi muatan barang yang dibawanya dan memberikan saran untuk tidak melewati portal dengan membawa muatan barang yang tinggi.

Seperti diketahui, aksi Okta terekam dalam video yang diunggah akun Instagram @info_kartasura pada Selasa pagi (12/4/2022) dan menjadi viral. Dalam video tersebut terlihat seorang pria berada di bagian atas truk yang sedang menyangkut di portal Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Pada saat kejadian tersebut, pria asal Polokarto, Sukoharjo, itu sedang mengantarkan barang dengan tujuan 14 titik bongkar muat bersama seorang rekan sopirnya yang lain, Agung Setyo Nugroho, 27.

Agung yang juga hadir di lokasi penilangan mengatakan pada saat kejadian tersebut dirinya sedang melaju dari Jakarta menuju Solo Baru. Dia mengatakan melihat rambu-rambu dan portal tersebut. Namun, dia mengaku nekat melintas di jalur Underpass Makamhaji karena beberapa barang telah ditunggu. Dia juga mengatakan dari 14 titik itu, dua di antaranya terlambat melakukan pengiriman.

Dia mengatakan tinggi portal di Underpass Makamhaji kemungkinan tidak sama, karena portal di sebelah barat berhasil dia lalui. Sedangkan portal di sebelah timur tampaknya lebih rendah. “Dari depan udah lolos, di belakang kok kelihatan mau nyangkut. Jadi saya minta [Okta] turun, melihat keadaannya,” jelasnya.

Dia mengaku tidak memilih jalan mundur lantaran banyaknya mobil yang telah berada di belakangnya. Dia mengaku kaget dan tidak menyangka aksinya bersama Okta itu menjadi viral.

Diberitakan, polisi berhasil melacak keberadaan truk tak dikenal yang nekat menerabas portal di Underpass Makamhaji di Kartasura, Sukoharjo, pada Selasa (12/4/2022) lalu.

Kepala Pos Lantas Kartasura, Sukoharjo, Aiptu Andreas Christian D.N., mengatakan telah berhasil melacak keberadaan truk setelah berkoordinasi dengan Patwal Sragen, Patwal Karanganyar dan Polsek Jaten. “Hingga akhirnya kami bisa melakukan tindak penilangan di Pos Tugu Kartasura,

 
(Team)
 

Bagikan

RadarposTV