Kampung Pelangi,The News Kemukus akan Dicat Warna-Warni akan diresmikan Puan Maharani

Senin, 25 April 2022 : 07:41





Kampung Kemukus

Radar Pos.Com.Sragen
— Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Diana Kusumastuti meninjau langsung bangunan hasil revitalisasi New Kemukus di wilayah Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Jumat (22/4).

Turut mendampingi Bupati Sragen dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Sragen Yuniarti, dan Kepala DPU Sragen Raden Suparwoto.
Sesuai rencana, Wisata The New Kemukus akan diresmikan langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani, pada Rabu (27/4) mendatang.

Di sela peninjauannya itu, Dirjen Cipta Karya Kemen Diana Kusumastuti, mengaku senang dengan hasil pembangunan New Kemukus dan berharap bangunan baru itu bisa lebih bagus dan lebih terang untuk wisata religi maupun keluarga. Ia juga berkesempatan melihat prominade hingga berjalan sampai ke pendapa makam Pangeran Samodra.


“Untuk pengelolaannya diserahkan ke Pemkab Sragen. Investasi yang diberikan pemerintah pusat ini bisa dipelihara dan dikelola dengan baik supaya berkelanjutan,” terang Diana.

Diana berpesan supaya lingkungan di prominade itu ditambahi tanaman-tanaman supaya saat siang hari tidak terlalu panas. Termasuk kebersihan toiletnya juga harus dijaga dengan memanfaatkan dana retribusi.

Kunjungan Bupati Sragen saat akan diresmikan The News Kemukus oleh Ketua DPR RI Puan Maharani

“Saya melihat sepintas tanamannya bagus. Kami membangun itu menyesuaikan lingkungan yang ada. Yang tadinya kurang bagus dilihat bisa lebih rapi. Seperti prominade itu dulunya kumuh dan gelap sekarang terang dan bagus,” katanya.

Ia berharap Kawasan New Kemukus bisa menjadi destinasi pariwisata serta menjadi bagian terintegrasi pengembangan destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Solo – Sangiran.

“Selain itu juga dapat meningkatkan citra dan diversifikasi daya tarik wisata Kawasan New Kemukus untuk mendorong kegiatan pariwisata kawasan sebagai sektor strategis dalam meningkatkan perekonomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat Sragen dan Jawa Tengah,” harap Diana.

Adapun penataan yang dilakukan Ditjen Cipta Karya antara lain pekerjaan gerbang barong, penataan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang, pekerjaan visitor Center – Plaza Penerima, penataan RTHP Sendang Ontrowulan, penataan Situs Makam Pangeran Samodra, penataan sirkulasi jalan lingkungan, penataan Waterfront Park, pekerjaan fasilitas klinik – Community Center


(R-01)

Bagikan

RadarposTV