Begini Skenario Pengamanan Polda Jateng Saat Lebaran Tahun 2022 ini

Rabu, 06 April 2022 : 10:02



KombesAgus Suryo Nugroho

Radar Pos.Com.Semarang
– Jawa Tengah merupakan pusat konsentrasi mudik terbesar di Indonesia. Diperkirakan, lebaran tahun ini mencapai 21,3 juta orang pemudik menuju Jateng. Jumlah ini merupakan terbesar dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.


“Nanti akan ada operasi lilin candi yang merupakan operasi kepolisian terpusat. Namun sebelumnya, kepolisian sudah melaksanakan operasi-operasi pendahuluan agar situasi kamtibmas nantinya tetap landai dan tidak ada gejolak,” ungkap Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, seperti diberitakan di laman ntmcpolri.info, Selasa (5/4).


Pada bagian lain, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan sejumlah skenario untuk menyambut pemudik Lebaran 2022. Salah satunya adalah penerapan oneway atau satu laju di jalan tol, mulai dari KM 70 hingga Gerbang Tol Kalikangkung di Kota Semarang, Jateng.


Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan,  pihaknya juga akan melakukan contraflow di titik-titik yang berpotensi memunculkan kemacetan panjang.
“Manakala arus itu cukup padat dan menuju macet, akan dilakukan oneway nasional. Tapi masih rencana. Termasuk juga akan dilakukan contraflow pada titik tertentu,” kata Kombes Agus.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV