Sebanyak 1.059 Mahasiswa Karanganyar Ajukan Reward Masuk PTN

Senin, 28 Maret 2022 : 07:16




sekretaris Dinas Pendidikan Karanganyar Nurini

Rada Pos.Com.Karanganyar-
---- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar mencatat 1.059 pengajuan reward masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun 2022. Dari jumlah itu, 786 diantaranya sudah menerima transferan dana senilai Rp 1,87 miliar. Untuk jenjang S1 berhak Rp 2,5 juta, Diploma III senilai Rp1,5 juta. Program ini berjalan sejak tahun 2017.

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati mengatakan, program reward masuk PTN merupakan salah satu kegiatan yang selamat dari pemangkasan anggaran di masa refokusing untuk penanganan Covid-19. Sebab, ini merupakan program unggulan Pemkab Karanganyar.

Pemberian reward masuk PTN terbukti meningkatkan semangat lulusan SMA sederajat dalam mengikuti seleksi masuk PTN. Jumlah mahasiswa asal Karanganyar yang diterima di kampus favorit di Indonesia juga lumayan banyak.

“Yang terpantau di UNS (Universitas Sebelas Maret) itu banyak. Laporan ke kami, jumlahnya naik dari tahun ke tahun. Reward ini merupakan penghargaan dan pelecut semangat lainnya agar mau mengenyam pendidikan lebih tinggi,” kata Nurini Retno, kepada wartawan, di Karanganyar, Kamis (24/3).

Disdikbud Karanganyar juga mentransfer uang penghargaan karya ilmiah bagi dua pelajar senilai Rp 11 juta. Masih terdapat 232 pengajuan reward masuk PTN belum dibayarkan senilai Rp 553 juta. Rencananya, pembiayaannya dipenuhi APBD perubahan tahun 2022 ini.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV