Raja Jogya Sri Sultan HB X Datang dalam Jumenegan Mangkunegoro X

Minggu, 13 Maret 2022 : 05:35





Resmi Mankunegoro X GPH Bhre Cakrahutomo Wiro Sudjiwo

Radar Pos.Com.Surakarta-
-- Raja Keraton Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, meminta GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, 24, yang baru saja dinobatkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X untuk berhati-hati. Ia juga meminta Bhre jaga kesehatan.


Komentar itu disampaikan Sri Sultan HB X sesuai mengikuti acara Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X, Sabtu (12/3/2022) di Pura Mangkunegaran.  “Ya harapan saya semoga [KGPAA Mangkunagoro X] sukses, jaga kesehatan dan hati-hati saja,” ungkap dia.


Disinggung keberadaan Pura Mangkunegaran sekarang ini di tengah derap laju modernisasi, Sultan HB X, menyatakan hal itu bukan ranahnya untuk berkomentar. Menurut dia lebih tepat MN X yang memberikan pernyataan. Dia justru menyoroti pidato MN X yang menitikberatkan tentang kebudayaan, agar bisa dilaksanakan.


 “Saya punya harapan, bagaimana dari pidatonya tadi kan masalah kebudayaan, sudah laksanakan saja,” pesan dia.Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menilai sabda dalem atau pidato GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, setelah dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X cukup bagus. Bhre menyoroti tentang kebudayaan Jawa.


Prosesi Jumenegan Banyak Raja yang hadir

“Ya tadi pidato beliau bagus, membawa kultur ya. Saya kira penting kembali untuk semacam merevitalisasi keraton, sehingga keraton menjadi centre of culture. Dan kemudian orang akan berdatangan dengan keluhuran dan nilai-nilai yang mungkin bisa diberikan,” ujar dia saat diwawancara wartawan seusai Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/3/2022) siang.


Ganjar mengaku sempat berbincang sebentar dengan KGPAA Mangkunagoro X dan menilai semangat alumnus Universitas Indonesia (UI) itu cocok untuk mengembangkan budaya. “Kalau kami dari Pemprov [Jawa Tengah] ya pasti siap mendukung, agar kemudian Keraton akan menjadi pusat kebudayaan, seni, dan nilai-nilai tinggi yang kemudian bisa disebarkan untuk kebaikan,” sambung politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu.


Pantauan media, sejumlah tamu undangan hadir dalam Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X, seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), anggota DPR RI, Aria Bima; Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, SISKS Paku Buwono (PB) XIII beserta beberapa keluarganya.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV