Mendikbudristek Nadim Gelar Kontes Lagu Anak dalam Rangka Hari Musik

Kamis, 10 Maret 2022 : 07:37




Menteri Nadim Makarim

Radar Pos.Com.Jakarta
---— Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2022 yang mengusung pesan dengan tema Perilaku Berbudaya Anak Indonesia.


 “Pada hari ini saya ingin mengucapkan selamat Hari Musik Nasional untuk kita semua, khususnya para seniman dan maestro musik dari Sabang sampai Merauke atas kontribusi dan semangatnya yang tidak pernah surut untuk memajukan kebudayaan Indonesia,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam peluncuran KILA 2022 yang dipantau di Jakarta, Rabu (9/3/2022).


Ia mengatakan lagu anak Indonesia selain sebagai bentuk kreasi seni, juga mempunyai fungsi sebagai media pembentukan karakter.Ia mengaku senang memutar lagu-lagu KILA untuk putri-putrinya.
“Melalui program KILA, kami ingin mendorong generasi muda kita untuk berkreasi dan menghasilkan karya-karya lagu anak yang berkualitas dan mengedukasi, khususnya pendidikan karakter anti intoleransi dan anti perundungan,”

 
Bagi Nadiem, melalui karya yang dihasilkan dari KILA, anak-anak akan saling berbagi pesan positif tentang sikap tenggang rasa, saling menghargai, dan rasa cinta terhadap perbedaan.


 “Saya yakin, adik-adik adalah talenta-talenta baru yang dapat menginspirasi Indonesia. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk ikut KILA 2022. Tidak perlu khawatir nanti akan menang atau kalah, karena yang terpenting adalah anak-anak Indonesia harus berani mencoba, berani berkarya,” ajak dia.


Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, menjelaskan penyelenggaraan tahun ketiga KILA kali ini menekankan informasi untuk anak Indonesia tentang perilaku beradab dan berbudaya sebagai upaya meningkatkan tenggang rasa maupun menolak perundungan.


 “Ini adalah upaya khusus Kemendikbudristek mendorong pemulihan pembelajaran. Program KILA yang diselenggarakan bertujuan untuk merangkul anak-anak Indonesia di masa yang penuh tantangan ini,” kata dia.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV