Mangkunegaran Solo Umumkan Bhre Cakrahutomo Jadi Mangkunagoro X

Selasa, 01 Maret 2022 : 12:27




Pengageng Wedhono Keraton Mangkunegaran Solo

Radar Pos.Com.Solo
----Pengumuman tersebut disampaikan Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, didampingi Raden Tumenggung Supriyanto Waluya; serta KPH Cuk Susilo, dan RMH Haryo Dananjoyo AB.


Lilik membacakan wara-wara yang ditulis menggunakan bahasa Jawa atas nama GRAy Retno Rosati Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat. Seusa membacakan wara-wara, tak ada sesi tanya jawab dengan wartawan.


“Anemtokaken putra Dalem GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo SH kajumenengaken KGPA Aria Mangkunagoro X. Dene tata cara adat Jumenengan Dalem badhe kalampahan ing dinten Sabtu Pahing 8 Ruwah Alip 1955,” ujarnya.


 “Waktu penobatan atau naiknya GPH Bhre sebagai KPGAA Mangkunagoro X dalam kalender Masehi jatuh pada 12 Maret 2022. Tertanda GRAy Retno Rosati Notohadiningrat, tertanda GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat,” lanjutnya.


Wara-wara atau pengumuman tersebut dibuat tanggal 25 Februari 2022 atau pekan lalu. Seusai membacakan pengumuman itu Lilik berpesan kepada awak media bahwa tidak ada penggantian atau pemimpin baru di Pura Mangkunegaran.


Sebab menurutnya pemimpin di Pura Mangkunegaran atau takhtanya tetap, yaitu Mangkunagoro. Namun untuk penyebutan Mangkunagoro X sekadar meneruskan dari Mangkunagoro IX. Sedangkan untuk nama kecilnya bisa disebutkan.


“Ini tidak ada penggantian atau pemimpin baru. Pemimpin di Pura Mangkunegaran, takhta itu tetap MN. Lebih baik dikatakan penerus. Dinasti atau Pura Mangkunegaran pimpinan atau penerusnya MN X. Nama kecilya mangga,” urainya.


Seperti diketahui, KGPAA Mangkunagoro IX meninggal dunia pada Jumat (13/8/2021) pukul 02.50 WIB di Jakarta. MN IX wafat pada usia 70 tahun dengan meninggalkan empat orang anak serta seorang cucu.


Jenazah KGPAA Mangkunegara IX dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar, pada Minggu (15/8/2021) siang

(Team)
 

Bagikan

RadarposTV