Baznas Kerjasama dengan Dinas Pertanian Sragen Kembangkan Kawasan Penghasil Beras Organik

Rabu, 02 Maret 2022 : 16:36




Beras Organik

Radar Pos.Com.Sragen
--- Kabupaten Sragen merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Jawa Tengah. Melihat potensi tersebut, Baznas Sragen berkolaborasi dengan Pemkab Sragen melalui Dinas Pertanian dan Kecamatan Sambirejo melakukan pembinaan kepada 30 mustahik kelompok penggarap sawah lumbung pangan berkah loh jinawi di lahan seluas 8 hektar.

“Baznas Sragen tidak hanya berfungsi sebagai pendamping aktivitas pertanian, penyedia peralatan pertanian tetapi juga sebagai out taker atau penyedia pangsa pasar meskipun ini baru tahap kebutuhan internal Baznas yaitu keperluan safari Ramadan, suplai pondok pesantren dan panti asuhan serta kebutuhan zakat fitrah.” terang Ketua Baznas Sragen H Mustaqim, di se-sela panen raya, Rabu (2/3)

Panen Raya Lumbung Pangani Berkah Loh Jinawi dihadiri pula oleh Wakil Bupati Sragen, Plt Kepala Dinas Pertanian, perwakilan Kodim 0725/ Sragen, Polres Sragen dan pengurus Baznas Sragen berlokasi di Dukuh Cengklik, Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo.

Mustaqim menambahkan harapan kedepan para mustahik ini dapat meningkatkan produksi panen di daerahnya. Pada tahun pertama petani belum dapat melakukan pengolahan lanjutan dikarenakan panen langsung dijual ke pedagang. Tetapi tahun ini kelompok tani sudah dapat memutus rantai distribusi dan mengolah hasil panen dan menghasilkan 48 ton gabah sehingga dapat memroduksi beras organik IR 64 dengan brand berkah loh jinawi.

“Dengan terjaminnya margin pasar maka pendapatan petani  yang notabene mustahik akan meningkat sehingga menjadi muzzaki dan menyalurkan zakatnya melalui Baznas Sragen,

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV