SE Menag Tidak Melarang Penggunaan Pengeras Suara untuk Azan

Sabtu, 26 Februari 2022 : 07:01



Taizal Musaat Biro Umum Kemenag

Radar Pos.Com.Jakarta
---– Kepala Biro Umum Kementerian Agama Faesal Musaad memastikan surat edaran SE 05 tahun 2022 tidak melarang penggunaan pengeras suara untuk mengumandangkan azan. Sebelumnya, Menteri Agama (menag) Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan edaran No SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

“Edaran Menag tidak melarang azan dengan pengeras suara,” tegas Faesal Musa’ad di Jakarta, Jumat (25/2), seperi diberitakan di laman kemenag.

“Menag justru mempersilakan penggunaan pengeras suara untuk mengumandangkan azan karena itu bagian dari syiar Islam,” sambungnya.Menurutnya, dalam poin 3.b SE Menag jelas disebutkan bahwa pengumandangan azan menggunakan pengeras suara luar. Adapun volume suaranya, diatur sesuai kebutuhan dan maksimal 100 desibel (dB).

Desibel adalah satuan mengukur seberapa keras suatu suara dan telinga manusia memiliki batasan sehat saat mendengarnya. Kemampuan telinga manusia terbatas sehingga  suara terlalu bising yang didengarkan dalam waktu relatif lama dapat memberi dampak buruk bagi pendengaran.
Hal Tersebut untuk menjaga Keharmonisan  dalam Bergama agar masyarakat tidak kondusif.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV