Pemain Timnas Positif COVID-19, PSSI Imbau Klub Liga 1 Tegakkan Prokes Ketat

Senin, 07 Februari 2022 : 05:36


Para Pemain Sepak Bola Indonesia

Radar Pos.com.Jakarta
--- Beberapa pemain Timnas Indonesia dinyatakan positif COVID-19. Kondisi ini membuat PSSI mewanti-wanti klub BRI Liga 1 2021 untuk menegakkan protokol kesehatan (Prokes).


Dalam pengumuman resmi PSSI, ada tujuh pemain yang kedapatan positif COVID-19. Mereka adalah; Syahrul Trisna, Rizky Ridho, Evan Dimas Darmono, Irfan Jaya, Muhammad Adi Satrio, Muhammad Rafli, Syahrian Abimanyu.


Akibatnya, tujuh pemain ini absen saat Timnas Indonesia memainkan uji coba keduanya melawan Timor Leste, Minggu (31/1/2022). Ada juga Hanis Saghara yang ditepikan karena mengaku tak enak badan, meski akhirnya tak terbukti terpapar COVID-19.

"Mereka yang terpapar COVID-19 langsung diisolasi dan diberikan obat. Saya yakin mereka akan kembali pulih dalam 3-4 hari," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

"Pemain sepakbola biasanya memiliki antibodi dan fisik yang mumpuni. Jadi walaupun kena biasanya tanpa gejala," ujarnya menambahkan.

Kondisi ini juga terjadi di BRI Liga 1 2021. Akhir-akhir ini, banyak klub yang mengumumkan bahwa pemainnya terpapar COVID-19.

Jika tak terkendala, bukan tak mungkin penyelenggaraan Liga 1 terancam. Bisa-bisa pemerintah tak mengizinkan gelaran Liga 1 untuk sementara waktu.

Untuk itu, PSSI pun meminta klub untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Tak ada lagi alasan memberi toleransi buat pihak-pihak yang melanggar aturan.

"PSSI berharap semua klub meningkatkan protokol kesehatan. Buble to buble juga harus diperhatikan dan jangan dilanggar. Ini untuk kesehatan kita semua," ucap Yunus Nusi.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV