Menag Usulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2022 Sebesar Rp 45 Juta

Jumat, 18 Februari 2022 : 07:03




Meteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Radar Pos.Com.Jakarta-
--– Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1443 H /2022 M diusulkan senilai Rp 45.053.368. Usulan sebesar ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI tentang Penjelasan Persiapan Pelayanan dan Usulan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1443H/2022M. Raker ini dilakukan secara hybrid.
 

Mengutip dari laman kemenag, Gus Yaqut mengatakan, kebijakan komponen Bipih tersebut diambil dalam rangka menyeimbangkan antara besaran beban jemaah dengan keberlangsungan penyelenggaraan ibadah haji di masa yang akan datang.


“Keseimbangan tersebut dimaksudkan agar jemaah tidak terlalu terbebani dengan biaya yang harus dibayar, mengingat sudah dua tahun melakukan pelunasan Bipih. Namun di sisi lain juga harus menjaga prinsip istita’ah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji tahun-tahun berikutnya,” papar Gus Yaqut.


Untuk BPIH reguler, ada dua komponen, yaitu komponen yang dibebankan langsung kepada jemaah haji, dan komponen yang dibebankan kepada dana nilai manfaat (optimalisasi), dana efisiensi haji, dan sumber lain yang sah. 

Usulan ini sudah disampakan kepada Komisi VIII DPR RI melalui Surat Nomor MA/ 042/2022 tanggal 14 Februari 2022 perihal Usulan BPIH Reguler dan Khusus Tahun 1443H/2022M.
Komponen BPIH yang dibebankan langsung kepada jemaah disebut dengan Bipih.

 Sedangkan komponen yang dibebankan kepada dana nilai manfaat (optimalisasi), dana efisiensi haji, dan sumber lain yang sah disebut dengan pembiayaan tidak langsung (bantuan).Sementara Untuk Pesawat Terbang di Sesuaikan dengan Embarkasi masing-masing sesuai jarak nya.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV