Karena Rumah Rusak Berat Diterjang Longsor Pemilik Diungsikan

Jumat, 11 Februari 2022 : 06:18




Rumah yang kena longsor

Radar Pos.Com.Bandung
--- – Musibah ini menimpa Keluarga Dedi Heryanto dan Popon, warga di Kampung Jati, RT 06/09, Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa mengungsi. Sebab rumah mereka rusak parah akibat diterjang longsor pada Rabu (9/2) malam.

Dilansir dari suara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengungkapkan, dua rumah tersebut rusak setelah diterjang longsor saat turun hujan deras dengan intensitas yang tinggi dan durasi yang cukup lama.


“Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan parit di atas tebing meluap dan air turun ke tebing yang di bawahnya ada pemukiman warga,” ungkap Duddy, Kamis (10/2).


Tingginya intensitas hujan ini, kata Duddy, menyebabkan tanah tebing tak sanggup menahan debit air hingga menyebabkan pergeseran tanah dan akhirnya tebing tersebut longsor menerjang rumah warga.
Tebing yang longsor itu memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan panjang 8 meter. Kendati demikian, masih berpotensi terjadi longsor susulan karena kondisi tanahnya masih labil.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV