Dorce Telah Tiada Dunia Hiburan Merasa Kehilangan

Kamis, 17 Februari 2022 : 09:22



Dorce Gamalama meninggal Dunia

Radar Pos.Com .Jakarta
----Tutup usia pada Rabu (16/2/2022), kiprah Dorce Gamalama di industri hiburan Tanah Air sangatlah banyak. Bahkan presenter Dorce Show ini sempat mendapatkan julukan Oprah Winfrey-nya Indonesia.


Dorce Gamalama meninggal dunia lantaran terinfeksi Covid-19. “Iya jam 07.30 pagi meninggal. Beliau kena Covid-19 hampir 3 minggu di rumah sakit,” ujar Hetty Sunjaya, sahabat Dorce, seperti dikutip dari Bisnis.com, Rabu (16/2/2022).


Meski belakangan ini Dorce Gamalama tak lagi aktif di dunia hiburan Tanah Air, tapi rekam jejak kiprahnya di masa muda sangatlah banyak.  Seperti yang telah diketahui, pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini telah berkecimpung sejak 1989.


Dorce Gamalama memulai kiprahnya di industri hiburan sebagai penyanyi di usia yang masih belia, kala itu dia sering menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Dia mendapatkan nama Dorce dari Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, yaitu Dorce Ashadi. Ia sempat berganti nama panggung beberapa kali sebelum akhirnya mantap memakai nama Dorce Gamalama.


Pada 1990-an dia kembali ke Jakarta lantaran tawaran job semakin banyak. Dorce kemudian mendapat tawaran bermain film. Tanpa disadarinya, ia menandatangani kontrak di dua film sekaligus, sehingga nyaris membuatnya masuk pengadilan. Untungnya di antara kedua produser (Parkit Film dan Bola Dunia Film) bersedia diajak damai, sehingga bisa diselesaikan secara baik-baik. Kedua perusahaan tersebut bekerja sama membuat dua film sekaligus dengan pemeran utamanya Dorce, yaitu Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.


Dorce juga masuk ke dapur rekaman Billboard dengan meluncurkan singel berjudul Cintaku Kendur di Jalan, tetapi debutnya tersebut kurang laku di pasaran. Selain mampu menyanyikan berbagai lagu dalam berbagai irama (jazz, cha-cha-cha, rock, pop, dangdut, dan sebagainya), ia juga fasih membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, Tionghoa, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, India, dan sebagainya.


Seiring berjalannya waktu, ia lalu dikenal publik sebagai presenter. Bersama dengan Eko Patrio, ia memandu acara Kencan di Indosiar sejak 2002 hingga 2005. Pada tahun 2005, ia akhirnya memiliki program acara TV sendiri di Trans TV yang berjudul Dorce Show. Namun, acara tersebut dihentikan penayangannya pada April 2009, lalu diganti dengan D’Show.


Nah, tak sekadar wara-wiri di layar kaca, berbagai prestasi pun berhasil diraih oleh Dorce. Ia pernah mencatatkan namanya dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006. Selamat jalan, Dorce, kiprahmu di industri hiburan Tanah Air tetap tak terlupakan

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV