Desa Baturan Akan Gelar Pilkades Antarwaktu

Kamis, 24 Februari 2022 : 09:05



Kantor Desa Baturan

Radar Pos.com.Karanganyar
--Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pemerintah desa (pemdes) serta perwakilan tokoh masyarakat Desa Baturan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, menggelar rapat pembentukan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) antarwaktu, Rabu (23/2/2022).
Pilkades antarwaktu ini diadakan menyusul pemberhentian dengan hormat Kepala Desa (Kades) Baturan, Panut Panudiyoko, sejak 10 februari 2022 karena sakit.


Pejabat Sementara (Pj) Kades Baturan, Dwi Adi Susilo, berharap rapat pembentukan panitia tersebut berjalan lancar dan menghasilkan perwakilan pemilih yang dapat diterima semua kalangan. “Rabu malam ini akan diadakan rapat BPD, pemerintah desa, dan perwakilan tokoh masyarakat dan lainnya untuk membentuk panitia pilkades antarwaktu. Harapan kami semua bisa bersatu sehingga terbentuk panitia yang independen,” ujarnya, Rabu (23/2/2022).


Proses selanjutnya diadakan musyawarah dusun (musdus) untuk mencari keterwakilan dari pemilih yang meliputi sembilan unsur. Yakni unsur pemerintah desa, BPD, lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, wanita, pemuda, perwakilan kelompok usaha, gabungan kelompok tani (gapoktan), dan warga miskin.


“Kami juga berharap panitianya netral. Dalam prosesnya nanti semua unsur dapat bersatu untuk menyuskseskan pilkades antarwaktu sehingga membawa Baturan lebih maju,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Aparatur Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar, Anung Dharmawan, menjelaskan mekanisme pilkades antarwaktu dilakukan oleh perwakilan.


 “Mekanisme pemilihannya, pilkades antarwaktu ini nanti hanya perwakilan perangkat desa, BPD, dan unsur masyarakat. Kalau PAW musyawarah dulu, jika tidak tercapai mufakat baru diadakan pemilihan oleh mereka,


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV