Terminal Tirtonadi Solo, Menhub Budi Karya: Luar Biasa Bisa dijadikan Percontohan

Minggu, 09 Januari 2022 : 12:02

 
 

Terminal Tirtonadi Solo yang jadi Percontohan

Radar Pos.Com.Solo
---- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku salut melihat perkembangan luar biasa Terminal Tirtonadi Solo yang kini bukan lagi sekadar sarana transportasi tapi juga mewadahi berbagai kegiatan masyarakat.


Terminal Tirtonadi dianggap berhasil mewujudkan keinginan pemerintah pusat sebagai terminal percontohan yang bukan sekadar terminal biasa. Hal itu dikatakan Budi Karya saat diwawancarai wartawan di sela-sela kunjungannya ke terminal tersebut, Minggu (9/1/2022).


Budi Karya mengatakan Tirtonadi memiliki kelebihan dibandingkan terminal di daerah lain terutama karena letaknya di Solo. “Solo punya daya tarik luar biasa, kearifan lokal yang banyak, dan punya space. Makanya Solo ini kami jadikan contoh,” jelasnya.


Contoh dimaksud, kata Budi, yakni terkait pengembangan terminal dengan memasukkan kegiatan sosial budaya. Hal ini diharapkan juga diimbangi dengan berfungsinya terminal dengan naik, yakni orang-orang datang ke Terminal Tirtonadi menggunakan bus.


poto Bersama Menhub

Menhub mengatakan akan mengembangkan konsep serupa Terminal Tirtonadi daerah lain seperti Surabaya, Cirebon, Sukabumi, dan lain-lain. “Saya salut dengan Solo. Insya Allah bisa dicontoh daerah lain. Tentunya disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing. Tidak harus yang kaitannya sosial budaya seperti di sini,” ujarnya.


Sementara itu, Koordinator Pengelola Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenhub terkait upaya pengembangan terminal. Joko mengatakan berbagai inovasi itu penting diupayakan agar terminal bisa berkembang. “Jika tidak ada inovasi ya akhirnya terminal hanya akan jadi monumen,” ujarnya kepada wartawan di kesempatan yang sama.


Joko mengatakan saat ini tengah menyiapkan sejumlah pengembangan. Selain pemberdayaan Convention Hall untuk berbagai kegiatan, ia juga berencana menghubungkan terminal dengan Taman Air Tirtonadi dan Taman Balekambang.


(R-01)

Bagikan

RadarposTV