Imlek 2022 di Karanganyar Tidak ada Perayaan

Kamis, 27 Januari 2022 : 05:43



Perayaan Imlek di Karangpandan Tahun 2018

Radar Pos.Com.Karanganyar
---Kali ini Tak akan ada perayaan Tahun Baru Imlek 2573 yang jatuh pada 1 Februari 2022 di Kabupaten Karanganyar. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir jadi alasan.


 “Tahun ini kami tidak mengadakan pesta perayaan Tahun Baru Imlek karena kami prihatin situasinya masih pandemi,” ujar Ketua Forum Persaudaraan Etnis Tionghoa Kabupaten Karanganyar, Hartanto, Rabu (26/1/2022).


Masyarakat Tionghoa di Karanganyar akan merayakan tahun baru China itu dengan berkunjung ke sanak saudara atau kolega. “Di rumah saja atau berkunjung ke rumah teman. Itu saja, tidak ada pesta perayaan seperti yang dulu,” imbuhnya.


Namun demikian, rangkaian kegiatan rutin dalam perayaan Tahun Baru Imlek tetap akan dijalankan. Hal itu seperti penyerahan bantuan kepada anak yatim di panti asuhan.Tiap tahun baru Imlek kami mengunjungi anak-anak yatim di panti asuhan. Untuk sekarang kunjungan ini tetap kami lakukan,” ujarnya.


Di sisi lain ia berharap dengan bergantinya tahun dalam penanggalan China itu akan membawa pada kondisi yang lebih baik, mulai dari kesehatan, kejayaan, kesuburan, dan kemakmuran. “Mudah-mudahan tambah baik dan sehat, negara tambah jaya, tambah subur dan makmur. 

Dan semoga pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga kita semua bisa merayakan lagi tahun baru Imlek,” harapnya. Untuk diketahui, pesta perayaan tahun baru Imlek di Karanganyar kali terakhir diselenggarakan 2018 di kompleks Terminal Karangpandan.


Saat itu, perayaan dimeriahkan dengan pementasan tarian adat seperti Bali dan Minangkabau. Tak ketinggalan atraksi barongsai juga ditampilkan untuk menghibur masyarakat.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV