Elevated Rail Kawasan Joglo Solo Dimulai, Telan Anggaran Rp980 Miliar dari APBN

Sabtu, 08 Januari 2022 : 18:30



 

Budi Karya Sumadi Saat Cek Lokasi Di Joglo Solo

Radar Pos.Com.Solo
--– Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan groundbreaking Elevated Rail dan Jalur Ganda mega proyek pemerintahan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kawasan Palang Joglo, Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (8/1).


Proyek yang menelan dana sekitar Rp980 miliar bersumber APBN Kemenhub itu ditargetkan selesai pada 2023.Tujuan utama pekerjaan ini adalah mengatasi kemacetan di kawasan simpang tujuh Palang Joglo Solo,” ujar Budi.


Ia menyebut, dari hasil survei menjadi titik kemacetan di Solo ada di Palang Joglo Solo. Kawasan Palang Joglo ini padat karena kereta sering lewat.


“Jadi perlu adanya solusi secepatnya agar jalan tidak macet akibat kereta sering lewat,” kata Budi.
Dikatakannya, KA Bandara yang menjadi unggulan Kemenhub untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga aglomerasi Klaten-Solo-Yogyakarta-Madiun-Karanganyar. Banyaknya jumlah perjalanan KA membuat kawasan simpang Joglo menjadi macet parah, sehingga kereta butuh dibuatkan jalur sendiri dengan elevated rail.


“Sangat berat bagi masyarakat karena membuat jalan macet akibat padatnya perjalanan KA,” kata dia.
Dengan Elevated Rail, kata dia, jumlah perjalanan KA akan menjadi 144 trip dengan jarak tempuh hanya 20 menit. Dengan itu masyarakat akan senang naik transportasi umum kereta.Jarak tempuh lebih cepat akan membuat efek luar biasa pada ekonomi dan masyarakat,” 


(R-01)

Bagikan

RadarposTV