Teten Masduki :Koperasi Kurang Sehat Diminta Lakukan Merger

Rabu, 08 Desember 2021 : 05:52



 

Menteri saat Tinjau UMKM di Terminal Makutoromo Karangpandan

Radar Pos.Com.Karanganyar
– Koperasi berkondisi manajemen kurang bagus sebaiknya diminta untuk merger. Setelah itu dilakukan penguatan organisasi dan pemberian modal.


Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan hal itu dalam obrolannya dengan para pelaku usaha mandiri dan koperasi di Terminal mBangun Makutarama Karangpandan, Senin (6/12) kemarin.
 Teten mengatakan pihaknya memiliki anggaran cukup untuk membangun korporasi berbasis ekonomi kerakyatan.


“Koperasi harus dikelola secara modern. Harus dibuat manajemen profesional. Kita enggak mungkin bisa membangun korporasi petani di seperti di negara maju karena kepemilikan tanah sudah di bawah, ada yang setengah hektare, tidak akan pernah sejahtera, terbatas, kita ingin konsolidasikan itu,’’ kata Teten Masduki.


Teten mengungkapkan, Kementerian Koperasi dan UKM telah membuat percontohan konsolidasi koperasi dengan petani di Lampung, berupa penciptaan kebun pisang dengan skala ekonomi seluas 400 hektare.


Korporasi koperasi ini melibatkan 600 petani yang urunan menyediakan lahan miliknya menjadi bagian dari perkebunan pisang tersebut.


“Untuk ekspor, bermitra dengan eksportir, koperasi mengatur itu semua. itu sudah cukup bagus, pendapatan jadi 2x lipat sebelum bergabung dengan koperasi itu,’’ kata Teten.Disampaikan Teten, pihaknya ingin mereplikasi keberhasilan koperasi di Lampung itu ke Aceh dengan mengembangkan perkebunan pisang. Hal serupa akan dilakukan di Jawa Barat.


“Kita akan mereplika di aceh masih dengan pisang, di Jawa Barat ada pisang, mangga, bawang merah, bisa semua,’’ kata dia
 

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV