Tersentuh Hati Korban Semeru, Petugas dan Warga Binaan Rutan Solo Galang Donasi

Minggu, 12 Desember 2021 : 05:17


 

Pengalangan dana warga Binaan Rutan kelas I Solo

Radar Pos.Com.Solo
— Tragedi meletusnya Gunung Semeru hingga menewaskan korban jiwa menggugah rasa kepedulian masyarakat. Tak terkecuali warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Solo. Mereka menggalang aksi donasi dengan ngamen untuk korban musibah Gunung Semeru.


“Sempat bingung juga, kami di sini tidak punya penghasilan, terus gimana kami menyumbang. Terus ngobrol sama temen-temen kamar tercetuslah ide ngamen sama pameran karya kami ini,” terang salah seorang warga binaan, Daniel saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (11/12).


 Pantauan di lokasi, sekitar pukul 15.00 WIB, para warga binaan terlihat mengeluarkan alat musik yang ditata rapi. Setelah persiapan mereka langsung memainkan beragam. Warga solo yang biasa nongkrong di rutan langsung menaruh uang ke dalam toples.


Tak hanya menyuguhkan pertunjukan musik, berbagai jenis kerajinan hasil karya warga binaan juga dijual kepada masyarakat.Nantinya hasil penjualan dan donasi dari masyarakat ini akan dibelikan sejumlah barang kemudian disalurkan kepada warga Lumajang melalui BPBD Kota Solo.


“Jadi walaupun kita berada di dalam, kami tetap punya rasa kemanusiaan,” kata Danie.
Sementara itu, Kepala Rutan, Urip Dharma Yoga membenarkan kalau aksi ini murni ide dari para warga binaannya.


“Karena menurut kami positif kita setujui. Kita juga menerjunkan personel untuk melakukan pengawasan, mengingat kegiatan berada di luar,” kara Urip.Untuk uang yang terkumpul nantinya lanjut Urip, bakal dibelikan barang keperluan para korban yang berada di pengungsian.


“Dari hasil koordinasi dengan BPBD, untuk kebutuhan sembako sudah membludak, yang kurang itu tikar, pakaian, selimut, pembalut wanita, serta peralatan mandi. Jadi nanti barang-barang itu nanti kami belikan kemudian kami salurkan lewat Pemkot,” katanya


(R-01)

Bagikan

RadarposTV